Aswaja Utamakan Persatuan Ummat bukan Perpecahan

NU Jombang Online,
Maksud membekali para santri dalam memegang teguh ajaran ahlussunnah wal jama’ah agar tidak dirongrong ajaran-ajaran yang ekstrim diwujudkan kembali oleh bagian keluarga pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang.

“Acara pembekalan aswaja ini maksud kami adalah agar para santri tidak terpengaruh pada faham-faham yang fundamentalis dan juga faham gerakan semacam wahhabi” ujar salah seorang Pengasuh Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar, KH. Wazir Ali.

Acara pembekalan Aswaja yang diperuntukkan bagi para santri yang mengenyam pendidikan di Madrasah Aliyah ini yang ditempatkan di salah satu asrama ini berlangsung dua hari Selasa (20/03) dan Rabu (21/03) dimulai pukul 08.00 hingga 11.00 WIB dengan pemateri Sekretaris Aswaja NU Center Jombang, Yusuf Suharto. Hari pertama mengkaji tentang sejarah aswaja, sejarah NU, dan beberapa doktrin dasar dan hari kedua mengkaji tentang beberapa firqah dan kelompok di luar aswaja.

Menurut pemateri, salah satu ciri dari golongan sunni adalah golongan yang menekankan persatuan dan kohesifitas ummat sebagaimana cermin dari kata al-jama’ah.

“Salah satu ciri Ahlusunnah adalah berfaham moderat dan tidak mudah mengkafirkan, membid’ahkan dan selalu berpedoman dan memegangi semangat persatuan ummat sebagaimana tercermin dari kata ahlussunnah wal jama’ah” ujar pria berkacama mata ini.
“Berbeda adalah biasa, sunnatullah asal kita tidak berpecah” pungkasnya. (Abdullah)

Categories: Berita Utama

About Author

Comments

  1. brilly.elrasyeed
    brilly.elrasyeed 23 Maret, 2012, 10:45

    Umat butuh sekali bimbingan dari Nahdlatul Ulama sehingga bisa beragama Islam secara benar sebagaimana yang diajarkan Nabi Muhammad, bukan yang diajarkan selain Nabi Muhammad. Kita semua butuh Islam yang murni. Sebab yang memberi pahala adalah Allah, Allah hanya memberi pahala jika kita berislam secara benar sebagaimana yang diajarkan Nabi Muhammad.
    NU is good islamic organization. Jaya terus NU yang ilmiah.

Only registered users can comment.