• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Selasa, 16 Agustus 2022

Daerah

Teladani Rasulullah, Orang Baik Melakukan Sedekah Akbar di Hari Idul Yatama

Teladani Rasulullah, Orang Baik Melakukan Sedekah Akbar di Hari Idul Yatama
Sedekah Akbar di Desa Sumberagung (Foto : Dokumen #OrangBaik)
Sedekah Akbar di Desa Sumberagung (Foto : Dokumen #OrangBaik)

NU Jombang Online,
Tepat pada 10 Muharram, Radian Ade Firmansyah, owner Sholawat Store bekerja sama dengan remaja masjid Baitul Mukminin Jombang serta perwakilan Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Desa Sumberagung mengadakan sedekah dan santunan anak yatim dan duafa di desa Sumberagung, Kaliglugu, Peterongan.

Kegiatan sedekah yatim dan duafa mengajak pula orang-orang dermawan untuk turut bersedekah dengan memberikan hashtag #OrangBaik. Ajakan tersebut dibagikan di sosial media untuk kemudian dikumpulkan kepada penyelenggara. Sedekah diberikan kepada 27 anak yatim dan 3 duafa desa Sumberagung.

Radian Ade Firmansyah sebagai pengagas kegiatan mengungkapkan, acara tersebut dilakukan untuk memeriahkan 10 Muharram. 

"Dalam Islam, 10 Muharram disebut Idul Yatama atau hari raya anak yatim. Sebagaimana Nabi Muhammad Saw melakukan puasa tasyu'a pada tanggal 9 Muharram dan tanggal 10 Muharram berpuasa asyura disertai dengan bersedekah kepada anak yatim dan duafa," jelasnya.

Kegiatan yang dilakukan Kamis (19/8) sore ini, dibuka oleh Kiai Sugiono dengan membaca sholawat dan doa hajat serta mengirimkan doa untuk para keluarga para donatur yang sudah terlebih dulu berpulang. 

Radian menambahkan, kegiatan ini sengaja didokumentasikan bukan berniat untuk merendahkan anak yatim dan duafa, namun ini dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab penyelenggara kepada donatur yang telah menitipkan sedekah untuk disampaikan ke anak yatim dan duafa.

Turut hadir dalam kegiatan santunan, perwakilan IPNU IPPNU tiap dusun di desa Sumberagung, remaja masjid Baitul Mukminin Jombang, serta donatur #OrangBaik.

Kiki Rizmawati, ketua IPPNU Peterongan mengungkapkan, kegiatan sedekah yatim dan duafa ini menjadi pelipur lara di tengah ekonomi yang kian sulit dalam pandemi Covid-19. 

"Semangat berbagi kebahagiaan antar sesama harus terus digerakkan. Ada kebahagian tersendiri jika bisa berbagi dengan sesama. Semoga setiap tahun bisa istiqomah menebar kebaikan dan kebahagiaan kepada sesama," pungkasnya.

Kontributor : Suci Aristanti
Editor : Fitriana


Editor:

Daerah Terbaru