• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Selasa, 27 Februari 2024

Daerah

Peringati Maulid dan Hari Pahlawan, Mahasiswa Undar Gelar Pentas Seni

Peringati Maulid dan Hari Pahlawan, Mahasiswa Undar Gelar Pentas Seni
Pentas seni memperingati Maulid Nabi, Hari Pahlawan dan Sumpah Pemuda di Undar Jombang (Foto: Rohmadi)
Pentas seni memperingati Maulid Nabi, Hari Pahlawan dan Sumpah Pemuda di Undar Jombang (Foto: Rohmadi)

NU Jombang Online, 
Untuk memperingati Mulid nabi SAW sekaligus hari pahlawan dan sumpah pemuda, Badan Eksekutif Mahasiswa  (BEM) Fakultas Psikologi Universitas Darul Ulum (Undar) Jombang gelar pentas seni di halaman Fakultas Psikologi Undar Jombang semalam (10/11). Kegiatan tersebut diikuti oleh puluhan mahasiswa baru fakultas psikologi Undar dan beberapa mahasiswa Undar lainnya. Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memfasilitasi minat dan bakat mahasiswa baru.

Rizki Budi Bestian, ketua panitia mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk refleksi peringatan hari besar Islam dan hari besar Nasional. Sebagai mahasiswa Undar mempunyai visi dan misi berotak London, berhati Masjidil Haram, memperingati maulid Nabi adalah bentuk memuliakan bulan kelahiran nabi.

"Ini juga sekaligus meneladani para pejuang yang dulu gugur untuk kemerdekaan Indonesia. Dengan jiwa nasionalisme yang tinggi, kita juga harus menghormati jasa para pahlawan," jelasnya.

Dengan mengusung tema kitalah pahlawan dari kita sendiri, pihaknya berharap mahasiswa baru dapat menjadi dirinya sendiri ketika berperan aktif dalam masyarakat. Sebagai calon pemimpin masa depan, lanjut dia, kita harus bisa meneladani ulama dan pemimpin terdahulu. Mengingat Jombang juga banyak ulama yang menjadi pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

"Semoga dengan refleksi ini, para mahasiswa baru mampu mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya," tegasnya.

Kegiatan tersebut diawali dengan pembacaan diba'iyah al banjari. Setelah itu, dilanjutkan dengan penampilan terbaik dalam pentas kesenian. Semua tampak meriah, meskipun kegiatannya dikonsep sederhana. Mengingat kampus yang terkenal sebagai kampus Thoriqoh Jombang ini, masih memberlakukan perkuliahan secara daring atau online.

"Kenapa kita melibatkan mahasiswa baru? Itu karena menurut kami selama ini mereka belajar dengan daring, agar lebih mengenal Undar luar dalam serta membangun kemistri dengan rekan-rekan barunya di kampus ini," pungkasnya.

Pewarta: Rohmadi
Editor: Nur Fitriana


Editor:

Daerah Terbaru