• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 31 Mei 2024

Daerah

Peringati HUT RI, NU Pacarpeluk Gelar Upacara Virtual dan Santunan Anak Yatim

Peringati HUT RI, NU Pacarpeluk Gelar Upacara Virtual dan Santunan Anak Yatim
Foto kegiatan
Foto kegiatan

NU Jombang Online,
Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) bersama Pemerintah Desa (Pemdes) Pacarpeluk, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang menggelar upacara pengibaran bendera sang saka Merah Putih secara virtual di Balai Desa setempat.Upacara bertemakan 'menghadirkan sikap beragama yang ramah dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia' itu juga diikuti oleh anak-anak yatim Pacarpeluk yang sengaja dihadirkan untuk menerima ungkapan kepedulian bulan Muharram 1443 H.

Seperti tahun lalu, peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-76 masih dirayakan di tengah Pandemi Covid-19. Namun, hal tersebut tidak menyurutkan semangat Nahdliyin ataupun masyarakat Pacarpeluk mengikuti acara tersebut.

Kegiatan itu secara langsung diselaraskan dengan upacara di Istana Merdeka melalui kanal youtube Sekretariat Presiden. Para peserta mengikuti semua tahapan upacara dari awal hingga akhir. Meskipun virtual, namun peserta sangat bersemangat dan khidmat mengikuti jalannya acara tersebut.

“Sebagaian anak-anak yatim lainnya akan kami undang untuk menerima ungkapan kepedulian ini pada 10 Muharram 1443 di TPQ Darussalam dusun Pacar," jelas Etty Sumarni, bendahara NU Care - Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah (LAZISNU) Desa Pacarpeluk.

Dalam sambutannya, Bambang Suirman, Kepala Desa Pacarpeluk, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Keluarga Besar NU setempat yang menginisiasi dan menjadi motor pelaksanaan upacara virtual ini. 

Ini jarang ada di desa lain. Maka perlu kita lestarikan. Tadi malam, kami juga melakukan kegiatan bersama para kader Karang Taruna. Kami berkeliling desa dengan mewiridkan shalawat tibbil qulub sebagai ikhtiar batin tolak wabah di Desa ini,”  tambahnya.

Lebih lanjut, peserta upacara tahun ini lebih beragam. Mereka adalah delegasi dari NU, Muslimat, Fatayat, ANSOR, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU), Pagar Nusa, dan NU Care LAZISNU.

Sedangkan dari pihak Pemerintah Desa terdiri dari Kepala Desa beserta perangkatnya, lembaga Desa dan perwakilan dari organisasi masyarakat lainnya.

Acara itu dipandu langsung oleh ketua PRNU Pacarpeluk, Nine Adien dan dilanjutkan dengan pemberian santunan kepada anak yatim. Lalu ditutup dengan doa.

Kontributor : Syaiful Chabib
Editor : Fitriana


Editor:

Daerah Terbaru