• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 19 April 2024

Daerah

Munjidah Wahab: Tak Cuma Membangun, Tugas Kita Adalah Memakmurkan Masjid

Munjidah Wahab: Tak Cuma Membangun, Tugas Kita Adalah Memakmurkan Masjid
Nyai Hj Munjidah Wahab Chasbullah saat meresmikan masjid Al - Kamil
Nyai Hj Munjidah Wahab Chasbullah saat meresmikan masjid Al - Kamil

NU Online Jombang,

Bupati Jombang, Nyai Hj Munjidah Wahab hadir dalam acara peresmian masjid wakaf Al- Kamil di jalan Juanda 23, kelurahan Kepanjen kecamatan Jombang, kabupaten Jombang, Sabtu (19/02/2022).

 

Dalam sambutannya, perempuan yang akrab disapa Munjidah ini mengimbau untuk tidak hanya membangun dan memperindah Masjid saja melainkan juga rutin memakmurkan Masjid.

 

"Setelah membangun masjid, tugas kita selanjutnya adalah harus rajin memakmurkannya dengan cara istiqomah shalat berjama'ah 5 waktu. Selain itu juga harus mengadakan pengajian rutin dan kegiatan keagamaan lainnya,” jelas Munjidah.

 

Menurutnya, masjid tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah saja, melainkan juga sebagai sarana dakwah masyarakat dalam mengembangkan pendidikan agama. Munjidah pun mengapresiasi dan mengucapkan selamat atas peresmian masjid tersebut.

 

"Selamat kepada takmir dan masyarakat yang telah berjuang membangun masjid ini. Masjid ini merupakan Masjid percontohan di kecamatan Jombang," tuturnya.

 

Dirinya berharap, dengan adanya masjid baru ini masyarakat bisa lebih semangat lagi dalam beribadah dan meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT.

 

Sementara itu, ketua takmir, H Joko Suwolo, mengucapkan terima kasih kepada donatur dan simpatisan pembangunan Masjid Al Kamil.

 

"Terima kasih untuk para donatur dan simpatisan yang telah berkontribusi kepada masjid ini baik tenaga, pikiran, maupun material. Masjid ini menghabiskan dana 3,8 miliar dengan fasilitas yang cukup lengkap," ujarnya.

 

Ia menambahkan, Masjid Al-Kamil tidak hanya didirikan untuk tempat beribadah sholat saja melainkan juga memiliki beberapa kelengkapan seperti tempat akad nikah, tempat resepsi nikah, penginapan bagi tamu umum, dan penginapan spesial bagi mubaligh atau tamu kehormatan dari luar kota.

 

Dihubungi secara terpisah, sekretaris Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Jombang, H Abdul Basit Misbachul Fitri menerangkan, membangun dan memakmurkan masjid merupakan perintah agama. 

 

"Bahkan Rasulullah SAW telah memotivasi kita dalam sebuah hadist, barangsiapa membangun masjid karena Allah, akan dibangunkan Allah rumah untuknya di Surga," ujar Basit yang juga merupakan imam di Masjid tersebut.

 

Ia menambahkan, tidak sekedar membangun fisik Masjidnya semata, akan tetapi menghidupkan dan memakmurkan Masjid itu jauh lebih penting.

 

Turut hadir dalam acara tersebut, Sekretaris daerah, Agus Sulistyono. Camat Jombang, Muhdlor, Kapolsek Jombang, Koramil Jombang, perwakilan Kementerian Agama kabupaten Jombang, dan takmir se-kecamatan Jombang.

 

Kontributor: Ali Purnomo

Editor : Fitriana


Daerah Terbaru