Home Warta Daerah Laporan Keuangan Bahtsul Masail Nasional Pengurus BMT NU Fiqih Opini Keislaman Amaliyah NU Khutbah Ekonomi Nyantri BMT NU

Bantu Evakuasi Pasca Kebakaran, Ansor dan Banser Utamakan Kemanusiaan

Bantu Evakuasi Pasca Kebakaran, Ansor dan Banser Utamakan Kemanusiaan
Proses Pembersihan oleh Banser Mojowangi (Dok : Banser)
Proses Pembersihan oleh Banser Mojowangi (Dok : Banser)

NU Online Jombang,
Banser Tanggap Bencana (Bagana) dan Ansor desa Mojowangi, kecamatan Mojowarno menurunkan sejumlah anggota untuk membantu proses evakuasi dan pembersihan setelah terjadinya musibah kebakaran di rumah Agus Warianto di dusun Kembangsore, desa Mojowangi, kecamatan Mojowarno, Jum'at (20/08).

Ketua Pimpinan Ranting (PR) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Mojowangi, Romdhon menjelaskan kronologi kebakaran rumah salah satu anggotanya tersebut. Kebakaran terjadi akibat kelalaian anak korban yang bermain api di dalam rumah.

"Kejadian berawal saat semua orang meninggalkan rumah untuk bekerja. Saat itu, ada satu anak Pak Warianto yang sedang dalam gangguan jiwa (ODGJ) tinggal di rumah. Putranya mengalami gangguan jiwa karena ditinggal ibunya meninggal. Dia memang sering bermain api, tapi kali ini tidak seperti biasanya. Api membakar cepat hingga tak menyisakan satu pun barang berharga," kata pria yang akrab disapa Romdhon itu.

Dalam proses tersebut, Banser bersama aparat desa dan dibantu masyarakat sekitar bahu membahu untuk memadamkan api yang masih terlihat di berbagai titik. 
 
"Untungnya tidak ada korban jiwa. Saat ini, korban dan keluarganya diungsikan ke rumah anak pertamanya yang ada di sebelah rumah korban," terangnya.

Romdhon menyampaikan, kerja bakti ini berkoordinasi langsung dengan Kepala Dusun Kembangsore, Badan Otonom Nahdlatul Ulama (Banom NU) Mojowangi, dan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Mojowarno agar dapat terlaksana dengan baik dan lancar.
 
"Dari Muslimat NU membantu konsumsi para relawan yang turut serta kerja bakti, agar tidak membebani korban," tutur pria yang juga anggota Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Mojowarno itu.

Romdhon menambahkan, pihaknya tidak pernah memandang dari ras dan golongan untuk ditolong. Di tengah kemajemukan masyarakat, Ansor dan Banser tidak pernah melihat siapa yang harus ditolong. Akan tetapi, lanjut dia, Ansor dan Banser lebih mengutamakan kemanusiaan di tengah-tengah perbedaan ini,"

Ia juga mengungkapkan, pihak korban sangat bersyukur atas bantuan tenaga dari Ansor dan Bagana.

"Pak Warianto tadi mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Ansor dan Bagana," ungkap pria asal Kembangsore itu.

 

Kontributor: Annisa Rahma Nur Listia

Editor : Fitriana

 

Daerah Lainnya

terpopuler

rekomendasi