• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Selasa, 28 Mei 2024

Daerah

10 Wakil Rakyat di Jombang Donasikan Gajinya ke LAZISNU untuk Cegah Covid-19

10 Wakil Rakyat di Jombang Donasikan Gajinya ke LAZISNU untuk Cegah Covid-19
Ketua PC LAZISNU Jombang, Ahmad Zainudin menerima gaji pokok 10 anggota DPRD jombag untuk program penanganan Covid-19. (Foto:NU Jombang Online/Syamsul Arifin)
Ketua PC LAZISNU Jombang, Ahmad Zainudin menerima gaji pokok 10 anggota DPRD jombag untuk program penanganan Covid-19. (Foto:NU Jombang Online/Syamsul Arifin)

NU Jombang Online, 
Pengurus Cabang (PC) Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Jombang, Jawa Timur terus menerima donasi pencegahan virus corona (Covid-19) dari berbagai kalangan. Setelah sebelumnya menerima sumbangan dari sejumlah kepala Madrasah Aliyah (MA) swasta di Jombang, kini LAZISNU kembali menerima donasi serupa dari 10 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Rabu (1/4).

10 wakil rakyat dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mendatangi kantor LAZISNU Jombang, Jl. Gatot Subroto, Jelakombo, Kecamatan, Kabupaten Jombang untuk menyerahkan donasi peduli Covid-19. Mereka ditemui jajaran pengurus LAZISNU dan beberapa stafnya.

Mas'ud Zuremi menjelaskan, donasi itu bersumber dari gaji pokok masing-masing anggota DPRD di fraksinya selama satu bulan. Jumlahnya sebesar 15.000.000 dan diserahkan kepada Ketua LAZISNU Jombang, Ahmad Zainudin.

"Ini adalah komitmen kami di fraksi dalam melakukan pencegahan Covid-19. Ini juga adalah panggilan hati, karena pencegahan terhadp Covid-19 merupakan tanggung jawab kita bersama," kata pria yang juga Ketua DPRD Jombang ini.

Ia menegaskan, gaji pokok itu juga akan kembali diserahkan kepada LAZISNU setiap bulannya sepanjang Covid-19 masih mewabah di Jombang. Merujuk pada data Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat melalui https://dinkes.jombangkab.go.id/data-covid-19-kabupaten-jombang, Kota Santri ini sudah masuk dalam kategori zona merah Covid-19 per tanggal 29 Maret lalu. Ini setelah ada satu warga yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Selagi Covid-19 masih belum dinyatakan reda di Jombang, kita akan kembali menyerahkan gaji kami melalui LAZISNU," jelasnya.

Sementara itu, Ketua LAZISNU Jombang menegaskan, pencegahan terhadap wabah Covid-19 menjadi tanggung jawab bersama. Terlebih wakil rakyat harus turun langsung membantu warganya. Yang paling dibutuhkan oleh masyarakat sekarang menurutnya adalah aksi konkret dan cepat dalam menghalau sebaran virus corona dengan cara memberikan bantuan yang bisa dirasakan langsung oleh mereka.

"Semoga bantuan ini menginspirasi wakil rakyat lainnya untuk juga saling membantu secara bersama-bersama mencegah virus corona ini," ujarnya.

Pria yang kerap disapa Gok Din ini mengungkapkan, lebih dari sepekan, LAZISNU memberikan bantuan pencegahan Covid-19, seperti penyerahan 3000 cairan disinfektan untuk pondok pesantren, madrasah, masjid, mushala, dan panti asuhan. Di samping itu ratusan hand sanitizer atau gel pembersih tangan juga sudah diberikan kepada pondok pesantren. Kini, kata dia, ribuan masker juga telah disiapkan untuk diberikan kepada warga.

"Yang pasti donasi para anggota dewan ini nanti juga akan kita alokasikan untuk pencegahan virus corona. Apapun bentuknya," pungkasnya.

Pewarta: Ahmad 
Editor: Syamsul Arifin 


Editor:

Daerah Terbaru