• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Rabu, 29 Juni 2022

Mitra

Tingkatkan Kapasitas, Karyawan BMT NU Jombang Ikuti Pelatihan Penguatan Aswaja

Tingkatkan Kapasitas, Karyawan BMT NU Jombang Ikuti Pelatihan Penguatan Aswaja
Karyawan BMT NU Jombang mengikuti pelatihan penguatan Aswaja. (Foto: NU Online Jombang/Siti Ratna Sari)
Karyawan BMT NU Jombang mengikuti pelatihan penguatan Aswaja. (Foto: NU Online Jombang/Siti Ratna Sari)

NU Online Jombang,
Baitul Maal wat Tamwil Nahdlatul Ulama (BMT NU) Kabupaten Jombang menggelar Pelatihan Dasar Penguatan Ahlussunnah wal Jama'ah (Aswaja) an-Nahdliyah dan Peningkatan Kapasitas Karyawan, Rabu (30-31/3/2022) sampai Jumat (1/4/2022) di aula Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jombang.


Ketua BMT NU Jombang, H Khoirul Anam, menjelaskan, BMT NU memang memiliki program pendidikan yang bertujuan meningkatkan kapasitas karyawan BMT NU di Kota Santri ini.


"Sebenarnya ini regular dan menjadi program rutin BMT NU Jombang. Namun selama dua tahun pandemi kami tidak menyelenggarakan pelatihan dasar ini," jelas Anam sapaannya. 


Pelatihan Dasar ini merupakan upaya pengurus BMT NU untuk seluruh karyawan supaya bisa menjalankan tugas dan kewajibannya dengan sebaik mungkin.


"Sehingga ini, saya bilang Pelatihan Dasar karena rata-rata teman-teman baru memahami bagaimana tentang BMT NU hanya kali ini karena dua tahun tidak ada pelatihan. Ada beberapa yang saya sampaikan tetapi tidak resmi seperti ini," jelasnya.


Selain itu, lanjut Anam, materi Aswaja an-Nahdliyah penting agar karyawan BMT NU memahami dan menerapkan ajaran dan nilai-nilai Aswaja di dalam lembaga keuangan.


"Oleh karena itu, kami gabungkan di season kedua itu dengan materi ke-Aswaja-an an-Nahdliyah yang disampaikan oleh Kiai Rijal dan Kiai Sholeh," tegasnya.


Dengan adanya pelatihan dasar itu, H Khoirul Anam berharap karyawan BMT NU menjalankan tugas dan kewajibannya dengan maksimal, sesuai tugas pokoknya masing-masing.


"Begitu setelah mengetahui dasarnya bagaimana BMT NU atau syariah mereka bisa mengamalkan langsung dan mengemban amanah. Semakin linear semakin piawai dalam menjalankan tugas itu," pungkasnya.


Untuk diketahui, Pelatihan Dasar ini dibagi menjadi tiga sesi. Setiap sesi diikuti oleh kurang lebih 30 karyawan BMT NU, mengingat jumlah seluruh karyawan BMT NU kurang lebih 100 orang.


Dalam Pelatihan Dasar tersebut, terdapat dua materi yang disampaikan, pertama produk BMT NU atau lembaga keuangan syariah yang disampaikan oleh H Khoriul Anam sendiri. Kedua, Aswaja an-Nahdliyah yang disampaikan oleh Katib PCNU Jombang, Ahmad Samsul Rijal, dan Wakil Rais PCNU Jombangsekaligus sebagi pengawas BMT NU Jombang, Kiai M Sholeh. 


Mitra Terbaru