• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Selasa, 5 Juli 2022

Mitra

Mengusung Transparansi, UPZISNU Adakan Laporan Keuangan dan Rencana Program 2022

Mengusung Transparansi, UPZISNU Adakan Laporan Keuangan dan Rencana Program 2022
LPJ UPZISNU Jombatan (Foto : Dok UPZISNU Jombatan)
LPJ UPZISNU Jombatan (Foto : Dok UPZISNU Jombatan)

NU Online Jombang

Pengurus Unit Pengelola Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (UPZISNU) Desa Jombatan, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, berusaha untuk transparan dengan mengadakan penyampaian laporan pertanggungjawaban (LPJ), Ahad (16/01/2022) di Masjid Darussalam, Jombatan.

 

Melakukan transparansi adalah salah satu visi Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah (LAZISNU) yang diimplementasikan oleh UPZISNU.

 

Ketua Ranting UPZISNU Jombatan, Nuruddin Suryanulloh menyampaikan LPJ yang dimaksud adalah laporan keuangan dan program kerja ranting UPZISNU pada 2022.

 

"LPJ yang disampaikan oleh pengurus antara lain mengulas tentang pengelolaan uang masuk dan keluar. Selain itu, juga disertakan penjelasan tentang sumber keuangan yang berupa zakat Infak dan sedekah," ungkap pria yang akrab disapa Surya ini.

 

Surya menambahkan, uang yang masuk bersumber dari 3 macam. Antara lain berasal dari gerakan infak receh (GIR), non GIR dan Zakat.

 

Adapun yang dimaksud dengan GIR adalah infak recehan yang didapat relawan UPZISNU dari kaleng yang tersebar di masyarakat. Selain itu juga berasal dari kotak koin (KOIN) yang ada di toko-toko.

 

"Sedangkan non GIR, merupakan infak sedekah dengan jumlah lima puluh ribu ke atas yang diberikan langsung ke pengurus atau ditransfer ke rekening yang sudah disediakan," jelas Surya.

 

Sumber dana yang ketiga, lanjut Surya, adalah Zakat mal. Tahun 2021, pengurus mengumpulkan zakat mal saat bulan suci Ramadhan dengan memberikan surat permohonan ke calon muzakki (orang yang berzakat) yang sudah ditentukan.

 

"Jumlah penerimaan ZIS di tahun 2021 terkumpul sebesar Rp 104.169.500 dengan pengeluaran sebesar Rp 78.074.410. Lalu sisanya sebesar 26.095.090," tambahnya.

 

Sementara itu, program kerja yang akan dilaksanakan oleh UPZISNU di 2022 adalah memberikan santunan kematian terhadap warga yang meninggal dunia, santunan anak yatim piatu dhuafa pada bulan Muharram, serta santunan kesehatan terhadap para donatur yang sakit.

 

"Kami juga melakukan khitanan massal pada peringatan HSN. Selain itu, ini juga untuk kemandirian organisasi NU beserta Banomnya," kata Surya.

 

Ia berharap, di tahun 2022, Ranting UPZISNU Jombatan semakin berkembang dengan baik dan organisasi dapat mandiri. Selain itu, ia juga berharap kegiatan sosial yang dilakukan UPZISNU semakin dirasakan manfaatnya bagi warga.

 

"Tahun 2022 merupakan tahun kedua UPZISNU Ranting Jombatan. Semoga semua warga Jombatan bisa menyalurkan ZIS nya kepada kami, UPZISNU Jombatan," imbuhnya.

 

Hadir dalam acara tersebut para pengurus NU ranting Jombatan dari jajaran Tanfidziah maupun Syuriyah. Selain itu, hadir pula para relawan UPZISNU Jombatan, Muslimat, Fatayat, Ansor, Ishari, serta IPNU IPPNU Jombatan.

 

Kontributor : Siti Ratna Sari

Editor : Fitriana


Mitra Terbaru