• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Neraca BMTNU Nasional Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Senin, 5 Desember 2022

Mitra

CV. Wahana Sejahtera Foods Olah Limbah Jadi Budidaya Magot

CV. Wahana Sejahtera Foods Olah Limbah Jadi Budidaya Magot
Budidaya Magot CV Wahana Sejahtera Foods (Foto : NU Online Jombang/ Rohmadi)
Budidaya Magot CV Wahana Sejahtera Foods (Foto : NU Online Jombang/ Rohmadi)

NU Online Jombang,

CV Wahana Sejahtera Foods, perusahaan di bidang Processing produk unggas, selalu memiliki terobosan dalam hasil produksi hingga pengolahan limbahnya. Selain memanfaatkan menjadi produk bermanfaat bagi masyarakat sekitar, CV Wahana Sejahtera Food juga memanfaatkan limbah padat yang tidak dapat diolah menjadi makanan, untuk budidaya magot atau larva.

 

Budidaya Magot yang Menguntungkan, Omzet Mencapai 5 Juta Rupiah Sebulan

 

Sugeri, Kepala Devisi Magot menerangkan hasil budidaya magot dari olahan limbah itu dalam satu bulan bisa mencapai 1 ton. 

 

"Ada yang dijual dan ada yang dimanfaatkan sendiri untuk pakan ikan yang kami kelola. Sebab magot mengandung protein tinggi," jelasnya. 

 

Dari hasil budidaya magot sendiri rupanya bisa menghasilkan omzet yang begitu banyak. Karena media dan budidaya yang gampang, magot juga bisa dibudidayakan di rumah. 

 

"Dalam satu bulan, omzet bisa mencapai 5 juta rupiah lebih," paparnya. 

 

Selain itu, pihak CV Wahana Sejahtera Foods juga membuka diri bagi masyarakat yang mau mengembangkan budidaya magot. Pihaknya dengan senang hati memberikan pelatihan secara gratis. 

 

"Bagi masyarakat yang mau mengembangkan budidaya magot bisa ke sini langsung. Bibitnya saya kasih gratis," ungkapnya. 

 

Seperti diketahui, Magot merupakan larva dari serangga hermetia illucens atau lebih dikenal dengan istilah black soldier fly (BSF). Serangga ini berbeda dengan lalat hitam yang biasa hinggap di sampah. Larva lalat hitam hanyalah membawa penyakit, sedangkan larva serangga BSF dapat merombak sampah organik dan meningkatkan kesuburan tanah.

 

Olah Limbah Padat dan Limbah Cair Menjadi Hal Bermanfaat dan Berguna Bagi Masyarakat

 

Perusahaan yang berdiri sejak tahun 1998 ini memang memiliki dua jenis limbah yaitu limbah cair dan limbah padat yang semuanya bisa dikelola dengan baik. 

 

Delvino Iriawan, Kepala Devisi Umum CV Wahana Sejahtera Foods, limbah cair difungsikan sebagai pupuk dalam pertanian dan dikelola secara internal oleh perusahaan. 

 

Sementara itu, limbah padat berupa isi dalam ayam (jerohan.Red) disumbangkan ke warga sekitar pabrik yang terletak di Desa Mojokrapak, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang. 

 

"Alhamdulillah, tidak ada limbah lagi, semua limbah sudah bisa dimanfaatkan semua," katanya, Rabu (21/9/2022). 

 

Didukung Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jombang

 

Langkah pengelolaan limbah yang dilakukan oleh CV Wahana Sejahtera Foods juga diapresiasi oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jombang. 

 

Menurut Miftahul Ulum, Kepala DLH Jombang ini adalah langkah yang tepat untuk mengurangi pencemaran lingkungan. 

 

"Ini bisa menjadi percontohan bagi perusahaan lain. Kami sangat setuju dan mendukung sekali," ungkapnya.


Mitra Terbaru