• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Selasa, 16 April 2024

Daerah

Siapkan Kader Berbakat, LDNU Gelar Kaderisasi Anggota.

Siapkan Kader Berbakat, LDNU Gelar Kaderisasi Anggota.
Kaderisasi LDNU (Foto : NU Online, Siti Ratna Sari)
Kaderisasi LDNU (Foto : NU Online, Siti Ratna Sari)

NU Online Jombang,

Rapatkan barisan, karena merapatkan barisan adalah bagian dari kesempurnaan perjuangan. Hal itu lah yang menjadi harapan pada Pelatihan Kader Dakwah (PKD) NU Volume 3 yang diselenggarakan oleh Pengurus Cabang (PC) Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) di Aula Kantor PCNU Jombang, pada (4-5/12/2021).

 

Ketua PC LDNU, Aang Fatihul Islam memaparkan, PKDNU merupakan design kaderisasi yang disiapkan untuk di tempatkan di daerah pedesaan, perkotaan, maupun media sosial.

 

"Kalau biasanya di pedesaan ngramut jam'iyah silahkan dilanjutkan. Tetapi, bagi kader-kader milenial, kita fokuskan dakwah di media sosial," papar pria yang kerap disapa Aang ini.

 

Tantangan terbesar NU di bidang dakwah, khususnya di Kabupaten Jombang yaitu, di semua sektor lini, terlebih dakwah melalui media sosial. Oleh karenanya, penguasaan di semua sektor lini sangat diperlukan.

 

Ia menambahkan, strategi LDNU untuk dakwah di media sosial yakni dengan mengadakan pelatihan, pembekalan konten dakwah, dan pembuatan akun media sosial di masing-masing MWC.

 

"Tidak hanya di PC, tapi MWC juga kita bekali. Ini dilakukan agar gerakan ini bisa kita lakukan bersama untuk mengawal. Artinya, ada 2 irisan yang bersinergi pada ajaran Ahlusunah wal jamaah An Nahdliyah. Jadi, mereka yang melek teknologi kita arahkan dan berikan motivasi untuk membuat trobosan-trobosan baru melalui media digital," imbuhnya.

 

Menurutnya, jihad media sosial sangat penting dan darurat, apalagi di era saat ini. Meme dakwah, YouTube dan kepenulisan merupakan cara yang dilakukan oleh LDNU untuk jihad media sosial (medsos)

 

"Sebenarnya kekurangan kita saat ini yaitu, dai yang mendakwah melalui tulisan. Di PC LDNU sendiri, ada 2 orang yang fokus menulis artikel keislaman di NU Online. Dulu, setiap kegiatan LDNU kita dokumentasikan melalui tulisan seperti di NU Online," pungkasnya.

 

Kontributor : Siti Ratna Sari

Editor : Fitriana


Daerah Terbaru