• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 31 Mei 2024

Daerah

Ketua PRNU Sumbermulyo: Ujung Tombak NU Adalah Kiai Kampung dan Guru Ngaji

Ketua PRNU Sumbermulyo: Ujung Tombak NU Adalah Kiai Kampung dan Guru Ngaji
Saat memberikan santunan anak yatim
Saat memberikan santunan anak yatim

NU Online Jombang,
Ujung tombak NU ada di ranting. Terutama ada pada kiai kampung dan guru ngaji TPQ. Mereka sangat mulia dan merupakan pahlawan NU yang sesungguhnya.

 

Hal tersebut disampaikan Sifaul Zaki, Ketua Ranting NU Sumbermulyo pada acara semarak Harlah NU menuju 1 abad. Meski tanggal lahir NU sudah lewat, tak mengurangi semangat Nahdliyin Sumbermulyo untuk antusias merayakannya.


Pengurus Ranting (PR) NU Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang ini membuat serangkaian acara dalam rangka Harlah NU. Beberapa diantaranya adalah, bakti sosial, memberikan santunan anak yatim, hingga terakhir ditutup dengan pengajian umum yang digelar di depan kantor balai desa Sumbermulyo, Sabtu (26/3/2022).

 

Menurut Sifaul Zaki, Indonesia bakal mencapai masa emas pada tahun 2045 yang bertepatan 100 tahun kemerdekaan. Oleh sebab itu, sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas perlu disiapkan secara baik melalui pendekatan yang menyatu dengan kebiasaan hidup generasi saat ini.

 

“Para guru ngaji di desa sebagai fasilitator pendidikan dituntut untuk bisa mempelajari dan menguasai teknologi informasi komunikasi. Sebab, pemanfaatan teknologi dan informasi dapat menunjang proses pembelajaran, seperti era pandemi saat ini,” tuturnya.

 

Teknologi informasi dan komunikasi saat ini, lanjut dia, memiliki pengaruh yang besar terhadap proses pengajaran dan pembelajaran. 

 

"Hal itu membuat informasi yang dibutuhkan harus lebih cepat dan mudah diakses untuk kepentingan pendidikan," jelasnya.

 

Sementara itu, M Khusnanto, ketua pelaksana acara tersebut turut berbangga diri atas antusias dan partisipasi masyarakat yang terus mendukung kegiatan-kegiatan NU di tempat kelahirannya tersebut.

 

"Keberkahan NU sangat saya rasakan secara pribadi. Masyarakat juga antusias dalam kegiatan ke-NU-an yang sering kami selenggarakan," katanya, Sabtu (26/3/2022).

 

Selain memperingati Harlah NU, acara ini juga menjadi penutup semua kegiatan NU menjelang bulan suci Ramadan. 

 

Guyub rukun dan antusiasme masyarakat sangat terlihat pada malam puncak Harlah NU ke 99 tersebut. Mulai dari Banom NU IPNU-IPPNU, Ansor, Banser, PSNU Pagar Nusa, Fatayat, Muslimat dan Pengurus NU terlihat hadir dan dengan berbondong-bondong mereka saling membantu demi menyukseskan acara  tersebut.


"Semoga dengan digelarnya acara ini, guyub rukun masyarakat Sumbermulyo lebih erat dan hidup tentram dalam bermasyarakat," pungkasnya.


Daerah Terbaru