Home Warta Nasional Fiqih Daerah Bahtsul Masail Opini Keislaman Amaliyah NU Khutbah Humor Ekonomi Lainnya Buku/Resensi Video Nyantri MWC Ranting NU Pengurus

Dorong Muktamar Ke-34 Digelar Tahun Ini, KH Marzuki: Untuk Jaga Wibawa NU

Dorong Muktamar Ke-34 Digelar Tahun Ini, KH Marzuki: Untuk Jaga Wibawa NU
Ketua PWNU Jatim, KH Marzuki Mustamar. (Foto: NU Online Jatim)
Ketua PWNU Jatim, KH Marzuki Mustamar. (Foto: NU Online Jatim)

NU Online Jombang, 
Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH Marzuki Mustamar menyampaikan, usulan sekaligus dorongan warga NU, khususnya di Jawa Timur agar Muktamar ke-34 NU tetap bisa dilaksanakan tahun ini membutuhkan perjuangan bersama.

"Apa yang menjadi keputusan PWNU terkait dorongan pelaksanaan Muktamar tahun ini butuh perjuangan bersama," katanya saat rapat koordinasi virtual dengan sejumlah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU), Sabtu malam (18/9/2021).

Ia memandang, forum musyawarah NU tertinggi itu tidak lagi diundur karena alasan Covid-19. Pasalnya, di samping waktu berakhirnya sebaran virus tersebut tidak bisa diprediksi dengan tepat, juga panitia Muktamar bisa mengantisipasinya dengan langkah-langkah yang disepakati bersama.

"Kalau di Munas nanti ada pembahasan Muktamar, kita perlu berjuang agar Muktamar benar-benar diselenggarakan tahun ini," tegasnya.

Dirinya membeberkan pentingnya Muktamar NU diselenggarakan tahun ini. Di antara alasannya adalah untuk menjaga kewibawaan NU sebagian organisasi besar yang berpengaruh. Dan secara organisasi terjaga keabsahannya. 

"Dorongan Muktamar dilaksanakan pada tahun ini agar menjaga NU tetap legitimage dan juga untuk menjaga agar NU tetap wibawa," ungkapnya.

Pengasuh Pondok Pesantren Sabiilul Rosyad, Gasek, Malang itu mengungkapkan, wibawa NU tersebut harus terus dijaga. Itu merupakan bagian dari mesin organisasi yang dapat menggerakkan hubungan antarorganisasi di lintas level kepengurusan.

"Dengan wibawa itu, NU akan dipatuhi pengurus di bawahnya, perintah-perintahnya," tuturnya.

Muktamar ke-34 NU seyogyanya dilaksanakan pada tahun 2020 sesuai mandat organisasi. Karena di tahun itu marak-maraknya penyebaran Covid-19, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melalui Konferensi Besar Nahdlatul Ulama (Konbes NU) 2020 memutuskan penundaan Muktamar ke-34 NU pada Oktober 2021 ini.

Terkait tempat dilaksankannya Muktamar menurut keputusan hasil Konbes NU tersebut tidak berubah, yakni tetap di Lampung. 

"Menetapkan, pertama, menunda pelaksanaan Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama yang sedianya dilaksanakan di Lampung pada Oktober 2020 berubah pada Oktober 2021 di Lampung,” bunyi keputusan Konbes sebagaimana dikutip dari NU Online.

Namun demikian, keputusan itu juga belum final, yakni masih bisa berubah menyesuaikan dengan kondisi yang mengiringi, termasuk pertimbangan situasi perkembangan Covid-19.

“Sebagaimana diktum pertama tidak dapat dilaksanakan, maka Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama akan dilaksanakan setelah pandemi Covid-19 terkendali,” tulis keputusan itu menyusul keputusan sebelumnya.

Pewarta: Ahmad

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

Warta