• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Rabu, 17 Agustus 2022

Daerah

Siswa MAN 10 Jombang Peroleh Juara di Ajang Student Literacy Fest IPNU-IPPNU

Siswa MAN 10 Jombang Peroleh Juara di Ajang Student Literacy Fest IPNU-IPPNU
Siswa MAN 10 Jombang yang mendapat juara. (NU Jombang Online/Yuanita)
Siswa MAN 10 Jombang yang mendapat juara. (NU Jombang Online/Yuanita)

NU Jombang Online, 
Siswa-siswi MAN 10 Kabupaten Jombang, Jawa Timur Berhasil meraih juara 2 di ajang Business Plan Student Literacy Fest yang diselenggarakan Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) Jombang di Kampus IAIBAFA Tambakberas.

Sementara business plan yang membuat juri menetapkan karya siswa-siswi ini juara adalah bisnis batik ecoprint

Salah seorang tim business plan dari MAN 10 Jombang, Ziyanah Mumtazah mengungkapkan, sampai saat ini batik masih terus eksis. Banyak masyarakat yang masih meliriknya. Untuk itu, pembisnis batik dituntut untuk terus berinovasi.

"Kami memilih inovasi bisnis batik ini karena penggunaan batik pada kebutuhan sandang yang semakin hari semakin beragam dan fashionable. Dan kami berharap bisa menambah nilai ekonomis dan menambah nilai jual batik," tuturnya, Sabtu (28/9). 
 
Inovasi bisnis batik ecoprint adalah pembuatan batik yang memanfaatkan daun sebagai warna dan motiv kain batik. Batik ini memiliki dua teknik pembuatan, yaitu dengan menempelkan daun pada kain, dan menumbuk daun pada kain. Sisi lain proses pembuatan batik ini untuk memanfaatkan sumber daya alam dan meminimalisir penggunaan bahan kimia.

Business Plan Student Literacy Fest diikuti oleh 15 tim. Dari jumlah ini kemudian diambil 5 tim terbaik.

Adapun nama-nama personil tim dari MAN 10 Jombang adalah Ziyanah Mumtazah, Titik Indrawati, Dewi Wulansari, dan Mohammad Adib Syauqil Kiram. Mereka juga merupakan anggota PAC IPNU-IPPNU Bandarkedungmulyo, Jombang.

Sekedar untuk diketahui, sebelum penentuan juara ini, siswa-siswi MAN 10 sebelumnya juga pernah lolos di ajang Madrasah Creative Camp (MCC). (s_yuan/Syamsul Arifin) 


Editor:

Daerah Terbaru