Home Warta Nasional Fiqih Daerah Bahtsul Masail Opini Keislaman Amaliyah NU Khutbah Humor Ekonomi Lainnya Buku/Resensi Video Nyantri MWC Ranting NU Pengurus

PMII di Unwaha Bekali Mahasiswa Baru tentang Penulisan Makalah

PMII di Unwaha Bekali Mahasiswa Baru tentang Penulisan Makalah
Pelatihan menulis makalah oleh PMII Rayon Ekonomi. (Foto: Istimewa)
Pelatihan menulis makalah oleh PMII Rayon Ekonomi. (Foto: Istimewa)

NU Online Jombang, 
Pengurus Rayon (PR) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Ekonomi, Komisariat Universitas KH A Wahab Hasbullah (Unwaha) Tambakberas, Kabupaten Jombang bekali mahasiswa baru (Maba) dengan pelatihan menulis makalah.

 

Kegiatan dengan tema  'Menumbuhkan Literasi Mahasiswa Baru guna Mempertajam Soft Skill dan Hard Skill' ini dihadiri kurang lebih 63 peserta, Sabtu (2/10/2021) siang. Diselenggarakan di Uno Caffe.

 

M Nur Habib, Ketua PMII Rayon Ekonomi Komisariat Unwaha mengatakan, kegiatan tersebut sebagai ikhtiar PMII mendampingi mahasiswa baru agar lebih mudah beradaptasi dengan tugas-tugas mahasiswa.

 

"Kami sangat siap memberikan pendampingan khusus untuk mahasiswa baru karena itu merupakan komitmen kami, dan memang Maba harus didampingi lewat organisasi kemahasiswaan yakni PMII ini," katanya.

 

Pria yang akrab disapa Habib itu menambahkan, sebagai organisasi kemahasiswaan, PMII wajib hadir memberi pemahaman kepada mahasiswa baru yang mayoritas awam dengan penulisan makalah. PMII, lanjutnya, harus menjadi teladan bagi mahasiswa baru akan soft skill dan hard skill. 

 

"Karena itu sebuah permasalahan yang dihadapi oleh semua mahasiswa baru, rata-rata dari mahasiswa baru tersebut masih belum mempunyai bekal yang cukup dari sekolahnya dulu dan dosen hampir tidak memberi tahu tentang kepenulisan makalah dikira mereka lulus sekolah mereka paham padahal tidak," jelasnya.

 

Ia berharap, lewat pelatihan yang diisi oleh Endang Eka Wahyuningsih, senior Rayon Ekonomi ini, para peserta mampu meningkatkan skill menulis makalah dengan baik dan benar. Cara yang efektif menurutnya adalah hanya dengan selalu berlatih menulis, tidak berhenti sampai di forum ini.

 

"Nantinya para peserta yang telah mengikuti pelatihan, diimbau untuk mengaplikasikan materi yang diajarkan dengan membuat makalah. Yang nantinya akan dibuat tugas oleh dosen mereka, namun terus kami pantau sampai mereka benar-benar paham," ungkapnya.

 

Sekadar untuk diketahui, PMII Rayon Ekonomi Unwaha menaungi Fakultas Manajemen dan Prodi Ekonomi Syariah. Rayon ini berdiri sejak tahun 2019 lalu.

 

Kontributor: Annisa Rahma Nur Listia
Editor: Ahmad 

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

Warta