• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Minggu, 25 September 2022

Daerah

Bantu Petani Jelang Musim Kemarau, BAGANA Mojowarno Lakukan Pembendungan Mata Air Sumber Aren

Bantu Petani Jelang Musim Kemarau, BAGANA Mojowarno Lakukan Pembendungan Mata Air Sumber Aren
Apel Sebelum Kerja Bakti oleh Korlap BAGANA
Apel Sebelum Kerja Bakti oleh Korlap BAGANA

NU Jombang Online,
Ditengah pandemi Covid-19, Banser Siaga Bencana (BAGANA) Kecamatan Mojowarno merapatkan barisan setelah kevakuman kegiatan selama pandemi.  Namun tak seperti biasanya, BAGANA Mojowarno kini menggelar kegiatan lebih bermanfaat yakni menjelajah alam dan kerja bakti membersihkan mata air Sumber Aren yang berada di Dusun Gembrong Desa Japanan Kecamatan Mojowarno.

Yusuf Firmansyah selaku Koordinator Lapangan (Korlap) menyampaikan, kegiatan ini dilakukan oleh kurang lebih 25 personil Satuan Koordinasi Rayon (Satkoryon) Banser Mojowarno dan 6 warga setempat. Selain bersih-bersih mata air, mereka juga melakukan pembendungan di bawah mata air Sumber Aren.

"Pembendungan mata air Sumber Aren ini dilakukan untuk mengantisipasi saat kemarau tiba. Kami khawatir, aliran air persawahan dan lahan tadah hujan (Tegal) akan mengalami kekeringan," kata pria yang akrab disapa Yusuf tersebut.

Yusuf menjelaskan, kegiatan bersih-bersih dan pembendungan mata air Sumber Aren dilakukan agar mata air tersebut bisa bermanfaat bagi para petani dan masyarakat kampung sekitar.

"Masyarakat sekitar sangat antusias dan mendukung kegiatan ini, karena sangat membantu para petani di musim kemarau nantinya. Kegiatan ini Insya Allah akan terus berjalan tiap minggu. Nantinya kami akan membangun rest area untuk jelajah alam sekitar karena mata air Sumber Aren ini sangat menarik dan berpotensi menjadi tempat pariwisata," jelas Komandan Satuan Kelompok (Kasatkorpok) itu.

Ia menambahkan, setelah kegiatan bersih-bersih dan pembendungan mata air  Sumber Aren, Bagana Mojowarno melakukan jelajah alam disekitar hutan Dusun Gembrong yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan imunitas.

"Mari kita rawat, lindungi serta jaga Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di sekitar, agar ekosistem bisa berjalan dengan baik," pungkasnya.


Kontributor: Annisa Rahma Nur Listia
Editor : Fitriana


Editor:

Daerah Terbaru