• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Selasa, 16 April 2024

Daerah

Kader PMII Darul Ulum Jombang Dibekali Kemampuan Menulis

 Kader PMII Darul Ulum Jombang Dibekali Kemampuan Menulis
Foto bersama PR PMII Ekonomi Darul Ulum dan pemateri. (Foto: NU Online Jombang/Annisah)
Foto bersama PR PMII Ekonomi Darul Ulum dan pemateri. (Foto: NU Online Jombang/Annisah)

NU Jombang Online, 
Pengurus Rayon (PR) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Ekonomi Komisariat Darul Ulum, Kabupaten Jombang berupaya meningkatkan kemampuan menulis para kadernya dengan pelatihan jurnalistik, Sabtu (14/8) di aula komisariat setempat. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh kader PR PMII Ekonomi sebagai peserta pelatihan.

Dalam pelatihan ini menghadirkan salah satu Pengurus Cabang (PC) Lembaga Ta’lif Wan Nasyr Nahdhatul Ulama (LTNNU) Jombang, Rohmadi sebagai pemateri. Ia juga seorang  jurnalis NU Online Jombang dan TIMES Indonesia.

Ketua PR PMII Ekonomi, Zahrotul Kamalia mengatakan, dunia jurnalistik saat ini adalah sebuah kebutuhan. Karena itu, menanamkan kemampuan literasi (menulis) kepada masing-masing kader PMII melalui pelatihan-pelatihan adalah keharusan.

"Pelatihan jurnalistik ini sangat penting untuk meningkatkan minat dan bakat kader dalam menulis, tidak hanya sekadar menulis, tetapi dapat mengetahui cara menulis berita yang baik dan benar dan bisa menjadi bekal kader setelah berproses di PMII," ujarnya saat diwawancarai usai pelatihan.

Sementara itu, Ketua Komisariat PMII Darul Ulum Undar Jombang, Zihan Umami menyampaikan, kegiatan tersebut baru pertama kali diselenggarakan di PMII Darul Ulum melalui PR PMII Ekonomi. Hal ini penting untuk menyalurkan aspirasi melalui tulisan dan advokasi untuk mencapai tujuan bersama.

"Dengan adanya pelatihan jurnalistik ini kader PMII diharapkan mampu menjadi jurnalis yang andal dan mampu mengambil peran dalam bermedia," ujar Mahasiswi Psikologi Undar ini.

Pihaknya berharap pelatihan ini menjadi awal kebangkitan para anggota dan pengurus PMII untuk melek literasi. "Semoga tidak hanya berhenti di sini. Semoga nanti tetap ada tindak lanjutnya dari pelatihan jurnalistik hari ini," harapnya. 

Senada dengan Zihan, Sahabati Amel pun berharap kepada kader PMII Darul Ulum Jombang agar para kader dapat memanfaatkan serta mengimplementasikan ilmunya setelah mengikuti pelatihan jurnalistik ini.

"Harapan saya setelah diadakannya pelatihan jurnalistik ini dapat merubah kader menjadi penulis berita yang handal nantinya," harap mahasiswi Fakultas Ekonomi ini. 

Hadir pada kesempatan ini perwakilan Pengurus Cabang (PC) PMII Jombang, Pengurus Komisariat (PK) Darul Ulum Undar dan Pengurus Rayon (PR) se-Komisariat Darul Ulum.

Kontributor: D. Annisah Dwi Farhani
Editor: Ahmad


Editor:

Daerah Terbaru