• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Rabu, 29 Juni 2022

Mitra

Sejak Pakai Pupuk CV NU Mandiri, Petani di Kawasan Ini Bisa Panen Maksimal

Sejak Pakai Pupuk CV NU Mandiri, Petani di Kawasan Ini Bisa Panen Maksimal
Proses panen padi di Dusun Tanjung Anom, Desa Bulurejo, Kecaman Diwek, Jombang. (Foto: Dok CV NU Mandiri)
Proses panen padi di Dusun Tanjung Anom, Desa Bulurejo, Kecaman Diwek, Jombang. (Foto: Dok CV NU Mandiri)

NU Online Jombang,
Kabupaten Jombang memasuki musim panen padi pada Maret 2022 ini. CV NU Mandiri Jombang yang bergerak di bidang pertanian sejak awal Maret hingga sekarang hampir setiap hari memanen padi di sejumlah lahan sawah petani yang menjadi binaannya. CV NU Mandiri dimotori Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU) Jombang.


Salah seorang pengelola CV NU Mandiri Jombang, Muhammad Asy'ari menyampaikan, semua lahan pertanian garapan CV NU Mandiri menggunakan pupuk organik cair (POC) yang diproduksi CV NU Mandiri sendiri. Ini yang menjadi pembeda dengan yang lainnya.


Ia menyampaikan, ada hal menarik yang ditemui salah seorang petani CV NU Mandiri di Dusun Tanjung Anom, Desa Bulurejo, Kecamatan Diwek, Jombang saat memutuskan memakai POC CV NU Mandiri. Nama petaninya yaitu Muhlas Ubaidillah, biasa disapa Ubet.


Asy'ari mengatakan, pemilik sawah akhirnya bisa merasakan hasil panen yang maksimal, biji padinya bagus. Padahal, lanjutnya, petani tersebut mengaku sebelum memakai POC CV NU Mandiri bulir padinya selalu tidak penuh, bahkan banyak yang tidak berisi, alias kosong.


"Temuan itu kita melihat langsung saat panen di Dusun Tanjung Anom, Desa Bulurejo pada Jumat dan Sabtu tanggal 18-19 Maret kemarin. Petaninya yang langsung menyampaikan kepada kami," katanya kepada NU Online Jombang, Senin (21/3/2022).

 

Baca juga: Pupuk CV NU Mandiri Bisa Jadi Pilihan Utama Petani, Intip Keunggulannya


Luas lahan sawah yang dimilikinya kurang dari setengah hektare. Dipanen manual, tidak memakai combine atau mesin. Asy'ari tidak mengetahui persis faktor penyebab sawahnya sebelum menggunakan POC CV NU Mandiri tidak bisa memberikan dampak yang bagus pada pertumbuhan padi.


Yang tampak, kata dia, beberapa sawah lain yang ada di sekelilingnya juga mengalami hal yang serupa, banyak bulir padi yang kempes, sehingga saat waktunya panen tidak sesuai dengan harapan petani.


Tidak menutup kemungkinan, kata dia, struktur tanah sawah di kawasan ini banyak yang rusak, tidak sehat, sehingga berpengaruh pada kesuburan tanaman, seperti padi.


Karenanya, ia menyarankan agar para petani di kawasan ini mulai memakai POC CV NU Mandiri. Pasalnya, salah satu manfaat dari POC CV NU Mandiri adalah dapat menyehatkan tanah dan mempercepat memulihkan struktur tanah, khususnya pascapanen.


Bagi yang hendak membeli POC CV NU Mandiri bisa datang langsung ke rumah produksi CV NU Mandiri di Kecamatan Mojoagung, atau bisa melalui pengelola CV NU Mandiri yang ditugaskan di lapangan Lukman Hakim melalui nomornya +62 812-3996-8121.


Editor:

Mitra Terbaru