• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Kamis, 28 Maret 2024

Daerah

Ziarah Muasis IPNU di Jombang, PP IPNU Menemukan Sebuah Berlian Lagi

Ziarah Muasis IPNU di Jombang, PP IPNU Menemukan Sebuah Berlian Lagi
Sarasehan dan diskusi bersaman PP IPNU dan PW IPNU Jatim (foto :Istimewa)
Sarasehan dan diskusi bersaman PP IPNU dan PW IPNU Jatim (foto :Istimewa)

NU Jombang Online, 
Khoyrul Anwar Ketua Bidang Kaderisasi Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PP IPNU) bersama Iqbal Hamdan Habibi dan M.Khotibul Ummam dari  tim Kaderisasi Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PW IPNU) Jawa Timur menyelenggarakan ziarah muasis Pendiri IPNU dan IPPNU di wilayah Jombang, Rabu (04/11/2020).

Didampingi Ketua PC IPNU Jombang M.Subhan, dan mantan Ketua IPNU Jombang Ishomuddin Haidar mereka berziarah ke makam Pendiri IPNU KH. Abdul Ghoni Farida di Sumobito,  KH. Sufyan Kholil di Peterongan, KH Abdul Wahab Hasbulloh, dan KH. Ahmad Al-Fatih di Tambak Beras.

Kedatangan Anwar di sambut Bahagia oleh Gus Jauharuddin Al Fatih putra dari K.H. Ahmad Al Fatih sekretaris pertama IPNU periode mbh Tolhah, saat tiba di makam K.H Abdul Wahab Hasbullah. Gus Ruddin bercerita awal mengetahui bahwa ayahnya pernah menjadi sekretaris IPNU periode Mbah Tolhah " Bahwasannya, kita tidak akan pernah tahu sejarah perjalanan para pendiri IPNU, karena pada jaman dahulu tidak ada satupun media yang bisa  merekam jejak sejarah para pendiri IPNU. Tetapi Kita baru akan mengetahui jika kita mendapat cerita secara langsung  dari para sahabat terdahulu pendiri IPNU".

Imbuh Gus Ruddin "Awal saya mengetahui bahwa Ayah saya pernah menjadi Sekretaris IPNU adalah saat saya menghadiri Haul Gus Dur di Cianjur, Kemudian saya mendengar cerita perjalanan ayah saya yang pernah menjadi  sekretaris IPNU  pada masa Mb Tolhah dari para muais NU yang juga hadir disana ".

Di lokasi yang sama, Anwar menyampaikan sangat beruntung pada kegiatan ziarah ini "hari ini saya mendapat sebuah berlian lagi di Jombang, saya mendapat cerita bahwa Kiai Ahmad Al Fatih adalah sekretaris Mbah Tolhah ketua IPNU pertama dan makamnya berada di komplek makam mbah wahab"

"Sebelahnya makam Kiai Al Fatih juga ada makam Ketua pertama IPNU Surabaya, ini membuktikan sudah waktunya IPNU IPPNU mulai tumbuh, berkembang, dan kuat dimanapun tanah itu di pijak," Pungkas Anwar.

Setelah melaksanakan  Ziarah Muasis Pendiri IPNU di Sumobito, Peterongan, dan yang terakhir di Tambak beras  Jombang, acara  dilanjutkan dengan agenda sarasehan diskusi terkait kaderisasi di IPNU bersama para pengurus PC IPNU IPPNU Kabupaten Jombang di Musholla kompleks makam K.H Abdul Wahab Hasbullah.
Pewarta : Septy Yuanita
Editor     : Yuanita


Editor:

Daerah Terbaru