• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Rabu, 24 April 2024

Daerah

Warga Banjarsari Peringati Haul KH. Usman, Ini Silsilahnya

Warga Banjarsari Peringati Haul KH. Usman, Ini Silsilahnya

NU Jombang Online, 
Dalam rangka memperingati Haul KH. Usman sebagai sesepuh Dusun Banjarsari, Desa Rejoslamet, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, warga setempat mengadakan serangkaian kegiatan. Di antaranya khatmil Qur'an di seluruh mushalla dan masjid yang ada di dusun ini, doa bersama dan ziarah ke makam KH. Usman oleh seluruh keluarga dan santri, pada Selasa (9/9/2019). Giat ini juga untuk memperingati tahun baru hijriyah.

Di samping acara-acara di atas, dilangsungkan pula pengajian umum oleh ustadz asal LDNU Kecamatan Mojowarno, Jombang Aan Khunaifi. Dalam tausiahnya menceritakan pentingnya memperingati tahun baru hijriyah, juga Haul para sesepuh untuk mengenang jasa-jasa, amaliah dan keteladanan mereka.

Sementara salah seorang warga Banjarsari Dhikrul Hakim mengatakan, pihaknya cukup bangga dengan kegiatan Haul KH. Usman ini. Jamaah secara otomatis bisa lebih mengetahui tentang sosok KH. Usman. Termasuk nasabnya.

Silsilah KH. Usman sebagaimana dibacakan saat peringatan Haul dimulai dari Prabu Kerta bumi (Brawijaya 5), Raden Fatah (Sultan Demak 1), Raden Trenggono (Sultan Demak 2), Sultan Hadiwijaya (Joko Tingkir), kiageng selo (pangeran benowo), Adipati Wirosobo (Raden Alif Betek), KH. Syihabudin, Nyai Ma'adah dan KH. Hasan Sanusi (Mbah Guru gayam), sampai ke KH. Usman dan keturunannya.

"Hal ini dimaksudkan agar dapat mempererat tali silaturahim guyub rukun warga Banjarsari sekaligus mempererat ukhuwah islamiah," tutur pria yang juga Pengurus LTMNU Jombang.

Dirinya menambahkan, sangat mengapresiasi dan bangga dengan adanya kegiatan ini, selain memperat tali silaturahim, kegiatan ini juga menjadi jembatan bagi masyarakat untuk terus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT melalui upaya meneladani KH. Usman.

"Sebagai warga Banjarsari sangat bangga dan terharu dengan kebersamaan guyub rukunnya masyarakat Dusun Banjarsari, Desa Rejoslamet," ujarnya.

Lebih jauh, Dhikrul sapaan akrabnya mengatakan, acara ini sebetulnya merupakan lanjutan dari serangkaian kegiatan memperingati tahun baru hijriyah, Sedekah Dusun dan Ruwatan yang dilakukan warga sebelumnya.

"Semoga warga Dusun Banjarsari selalu dalam lindungan Allah SWT, barokah dusunnya, desannya, barokah umurnya, rezekinya, juga ilmunya. Dan semoga keluarga seluruh warga Banjarsari, Desa Rejoslamet guyub rukun berkah semua," tutupnya. (Anggit/Syamsul Arifin) 


Editor:

Daerah Terbaru