Home Opini Bahtsul Masail Amaliyah NU Khutbah Buku/Resensi Berita Nasional Hikmah Fiqih Humor Nyantri Ekonomi Bisnis Berita Daerah Info Grafis Mitra Tentang PCNU Program Foto Video MWC Ranting NU Pengurus PCNU

Wadahi Bakat Atlet Kaum Muda, Pagar Nusa Peterongan Adakan Latihan Bersama

Wadahi Bakat Atlit Kaum Muda, Pagar Nusa Peterongan Adakan Latihan Bersama (Foto: Syaiful)
Wadahi Bakat Atlit Kaum Muda, Pagar Nusa Peterongan Adakan Latihan Bersama (Foto: Syaiful)

NU Jombang Online,
Prihatin dengan minimnya penyaluran bakat bagi generasi muda, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pagar Nusa Kecamatan Peterongan adakan latihan bersama. Kegiatan sparing ini dilaksanakan seminggu dua kali di halaman gedung Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama Kecamatan Peterongan, (Selasa, 6/7).

Banyaknya kaum muda yang sering menghabiskan waktunya dengan hal yang kurang bermanfaat menjadi salah satu perhatian bagi pengurus Pagar Nusa Peterongan. Hal ini dilakukan untuk menempa bakat generasi muda menjadi atlet pencak silat.

"Kegiatan ini dilakukan untuk mewadahi anak-anak muda yang belum memiliki kegiatan positif," ungkap Robith, bendahara PAC Pagar Nusa Peterongan.

Dalam kegiatan ini, warga (anggota) tidak hanya diajarkan tentang menjadi atlet maupun seni bela diri namun diajarkan pula tentang keorganisasian dan etika.

"Mengembangkan kreativitas anak di era sekarang, selain harus produktif di organisasi, kami juga menanamkan akhlakul karimah," ujarnya.

Organisasi ini juga memberikan kenaikan level untuk mendapatkan sabuk. Setiap ujian, warga diberi tes fisik bela diri. Selain itu. warga juga diberi tes tentang baca doa keseharian dan tentang ke-NUan. Adanya tes kerohanian dan ke-NUan ini dilakukan untuk mengingatkan bahwa pencak silat ini didirikan oleh para ulama.

"Setiap akan naik level (untuk mendapatkan sabuk), warga akan mengikuti tes kerohanian tentang sejarah NU. Selain itu juga ada tes doa harian," tandasnya.

 

Kontributor : Syaiful 
Editor : Fitriana