• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Kamis, 25 April 2024

Daerah

UPZISNU Kepatihan Susun Dua Program Baru

UPZISNU Kepatihan Susun Dua Program Baru

NU Jombang Online,
Pengelola Unit Pengumpul Zakat Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (UPZISNU) Desa Kepatihan, Kecamatan/Kabupaten Jombang, Jawa Timur kian inovatif. Kini pengelola menyusun dua program tambahan selain beberapa program yang sudah dijalankan.

Dua program tersebut yang pertama adalah setiap peserta Koin Sedekah atau donatur diberikan santunan saat dalam keadaan sakit atau opname. Sementara program kedua yaitu pendataan du'afa di seluruh Desa Kepatihan untuk kemudian berikan santunan setiap bulannya.

Ketua UPZISNU Kepatihan, H Muhammad Manshur mengungkapkan, untuk program santunan peserta Koin Sedekah bisa diwujudkan dengan mengganti biaya pemerikasaan dengan nominal yang sudah ditentukan.

"Berhubung Klinik Pratama MWCNU Jombang baru beroprasi dan kami belum bkerjasama, sementara ini bila ada yang sakit kami sarankan ke dokter dimana dia suka, maka akan kami ganti biayanya dengan syarat menunjukkan bukti bahwa dia baru berobat," katanya, Jumat (5/4/2019).

Sebelumnya UPZISNU Kepatihan konsentrasi pada tiga program, yakni program santunan kesehatan, persalinan, dan baru bisa santunan terhadap duka atau warga yang meninggal dunia.

"Kami pengurus semakin bersemangat melakukan tambahan program kemanfaatan terhadap masyarakat yang semula kami cuma tiga program itu," ucapnya.

Semua dana kegiatan sosial atau santunan yang dipaparkan di atas bersumber dari dana Kotak Infaq (Koin). Koin disebar kepada sejumlah masyarakat Kepatihan, mereka (warga, red) diajak untuk menyisihkan rezekinya untuk warganya sendiri yang sedang membutuhkan. Dan UPZISNU sebagai penggerak sekaligus pengelola dana Koin itu. 


Editor:

Daerah Terbaru