• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 29 Maret 2024

Daerah

UPZISNU Kepatihan Bisa Gelar Santunan Keliling dari Dana Koin

UPZISNU Kepatihan Bisa Gelar Santunan Keliling dari Dana Koin

NU Jombang Online, 
'Ramadhan adalah bulan berbagi'. Sepenggal kalimat ini kiranya tidak berlebihan untuk menggambarkan kegiatan Unit Pengelola Zakat Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (UPZISNU) Desa Kepatihan, Kecamatan/Kabupaten Jombang, Jawa Timur seiring hari-hari dalam bulan Ramadhan terus berlalu.

Jajaran pengurus UPZISNU yang masih belum lama dibentuk ini, seolah tak mau melewatkan bulan Ramadhan kecuali dengan berbagi kepada sesama. Mereka tak jarang memberikan santunan kepada warganya yang membutuhkan dengan cara berkeliling dari satu RW ke RW lainnya. Santunan dipusatkan di masjid dan atau mushalla.

Dalam hal ini tentu terbesit dari mana dana santunan tersebut?, hingga semenjak UPZISNU ini didirikan tak pernah libur memberikan santunan. Santunannya pun beragam, mulai dari santunan kesehatan bagi warganya yang sakit, santunan duka bagi warganya yang wafat, santunan persalinan, santunan anak yatim hingga santunan kepada warga kurang mampu (dhuafa). Di samping itu UPZISNU juga istiqamah memberikan puluhan karton air mineral. Air ini dibagikan kepada jamaah masjid dan mushalla juga kepada keluarga warga yang wafat.

Ternyata, UPZISNU hanya bermodal kaleng kotak infaq (Koin) untuk bisa mendanai berbagai santunan yang diberikan. Dana dari kaleng yang pengurus UPZISNU sebut dengan Gerakan Koin Sedekah (GKS) ini mampu memodali setiap kegiatan yang disusunnya. Dana tersebut bersumber dari sedekah warga Desa Kepatihan sendiri, yang kemudian dikelola pengurus untuk ditasarrufkan kepada warga yang membutuhkan.

"Kemarin UPZISNU melakukan pentasyarupan dana dari GKS di Mushalla Babussalam RW 07, ini merupakan yang kedua awal Ramadhan sebelumnya melakukan santunan di Mushalla Al Amin wilayah RW 05 yang meliputi RW 04 05 dan 08," kata Ketua UPZISNU Kepatihan, H Muhammad Manshur, Jumat (18/5).

Tak berselang lama, satu hari selanjutnya, UPZISNU kembali mentasarufkan dana santunannya. "Dan tadi malam (Jumat) berada di wilayah RW 07 meliputi RW 06 dan 07 kami mengundang sebanyak 45 orang. Alhamdulillah berjalan lancar," imbuhnya.

Usai acara santunan di RW 07 ini, pengurus memutuskan untuk kembali memberikan santunan. Kali ini kepada dua ibu sekaligus, pertama Ibu Ambar warga RT 03 RW 07, dan santunan kedua diberikan kepada Ibu Wahyuni, warga RT 01 RW 08. Dua ibu ini mendapat santunan persalinan.

"Setelah acara selesai, kami bagi tugas untuk ibu-ibu melakukan santunan persalinan dua orang sekaligus warga RW 07 dan RW08. Alhamdulillah," tuturnya.

Tidak berhati sampai di sini, keesokan harinya, tepat pada pagi hari, UPZISNU bergerak membagikan 10 karton air mineral di Masjid Kauman Utara. Masjid ini berada di ranting NU Desa Jombang.

"Tujuan kami ingin ngalap berkah karena di msjid tersebut setiap sore ada pengajian yang jumlah jamaahnya sekirtar 450 orang sitiap hari," ungkapnya.

Ia memaparkan, saat ini pengurus juga sudah merencanakan santunan yang akan dilaksanakan pada Kamis mendatang. "Untuk santunan kamis berikutnya kami rencanakan di Jagalan meliputi RW 01 02 dan 03. Untuk kegiatan Ramadhan ini kami keluarkan dana sekitar 12 juta rupiah. Semoga berjalan lancar dan barokah. Amin," pungkasnya. (Syamsul Arifin) 


Editor:

Daerah Terbaru