• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 29 Maret 2024

Hikmah

Tukang Hoaks dan Ucapan Gadis Cantik

Tukang Hoaks dan Ucapan Gadis Cantik
Ilustrasi hoaks. (Foto: Freepik)
Ilustrasi hoaks. (Foto: Freepik)

Oleh Ali Makhrus*


Diceritakan pada masa lalu, di suatu daerah ada seorang laki — laki yang dikenal sebagai tukang fitnah (Hoax). Ia jatuh cinta pada seorang gadis yang cantik. Dengan segala cara, ia berusaha mendapatkan gadis pujaannya tersebut. Pucuk dicinta ulam pun tiba, suatu hari si gadis mendapat perintah dari pamannya untuk pergi ke suatu tempat.

 

Kesempatan bertemu gadis tersebut tidak disia-siakan oleh laki — laki tukang Hoax itu. Laki — laki itu mencegat si gadis dan merayunya. Namun sang gadis berkata kepadanya, “Sebenarnya aku menyukaimu, tapi aku takut kepada Allah SWT?”.

 

Mendengar kalimat si gadis, laki — laki itu terkejut. Ia menyesal dan ingin bertaubat atas dosa yang selama ini dilakukannya, yaitu suka memfitnah. Tersipu malu, laki — laki itu lalu meninggalkan si gadis dan kembali ke rumahnya. Di tengah perjalanan pulang, ia mendapati dirinya dalam kehausan yang parah. Ketika itu ia bertemu dengan seorang saleh dari Bani Israel. Orang saleh itu bertanya kepada laki — laki tadi, “apa yang terjadi padamu?”. “Aku kehausan,”! jawab laki — laki itu. “Baiklah, mari kita berdoa kepada Allah !” ajak orang saleh. “Aku tidak memiliki amalan sedikitpun, “! Saut laki — laki tukang Hoax. “Aku yang akan berdoa dan kau hanya mengamininya”, kata orang saleh meyakinkan laki — laki tadi.

 

Kemudian, laki — laki saleh itu berdoa kepada Allah SWT dan laki — laki tukang fitnah mengamininya. Tak lama kemudian, atas kehendak Allah, awan menangi mereka berdua hingga tukang fitnah tidak lagi kehausan dan dapat sampai di rumah. Lalu, orang saleh itu pamit setelah sebelumnya ia menanyakan tentang kejadian yang baru mereka alami. Kemudian lelaki tukang hoax tadi menceritakan kronologinya. Orang saleh tadi bisa memahami dan dia berkata, “Allah akan memberikan kedudukan dan pertolongan bagi orang yang mau bertaubat”.

 

Wallahu alamu bis showab. Semoga bermanfaat.

 

Dioalah dari berbagai sumber: Ariany Syurfah, 365 Kisah Teladan Islam; Sehari Satu Kisah Selama Setahun, Cet-1, Jakarta: Penebar Swadaya, 2010, hal 91).

 

*Penulis adalah warga NU asal Madiun, Jawa Timur


Editor:

Hikmah Terbaru