• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Kamis, 25 April 2024

Daerah

Tak Hanya Piawai Berpolitik, Kader PMII juga Piawai Menari

Tak Hanya Piawai Berpolitik, Kader PMII juga Piawai Menari
Tarian Giri Sholawat ini ditampilkan oleh Atha Widya Hapsari dan Siti Nur Azizah yang berasal dari Rayon Fakultas Ilmu Kesehatan Komisariat Umar Tamim Unipdu Jombang.
Tarian Giri Sholawat ini ditampilkan oleh Atha Widya Hapsari dan Siti Nur Azizah yang berasal dari Rayon Fakultas Ilmu Kesehatan Komisariat Umar Tamim Unipdu Jombang.

NU Jombang Online,
Kader PMII tidak selalu menjadi politisi. Ini dibuktikan dengan kader perempuan yang piawai menarikan tari giri sholawat dalam rangkaian acara memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2020.  Mereka tampil dalam pembukaan acara yang bertajuk Santri Melek Politik yang dilaksanakan di Aula PC PMII Jombang, Jalan Adji Widjoyo, Klagen, Kepuhkembeng, Peterongan, Jombang, pada Senin (26/10).

Tarian Giri Sholawat ini ditampilkan oleh Atha Widya Hapsari dan Siti Nur Azizah yang berasal dari Rayon Fakultas Ilmu Kesehatan Komisariat Umar Tamim Unipdu Jombang. Mereka merupakan hasil binaan dari Kopri PMII Umar Tamim.

Menurut Nurul Malikhatun Nisa', Ketua Korps PMII Putri (Kopri) Umar Tamim, ini merupakan suatu bentuk pemberdayaan minat dan bakat dari masing-masing kader. Kader yang berminat mengikuti latihan tari digembleng setiap dua minggu sekali di Gedung Olahraga Unipdu Jombang.

"Ini merupakan apresiasi buat kader PMII Umar Tamim. Ada sekitar 55 kader yang mengikuti pelatihan tari ini dan hanya ada beberapa yang terpilih untuk tampil. Kunci keberhasilannya ada pada kerja keras dan disiplin kader dalam mengikuti latihan setiap minggunya,” ujar Nisa.

Sementara itu, M. Irkham, Ketua PC PMII Jombang menambahkan, langkah ini merupakan salah satu wujud nyata dalam merubah pandangan orang bahwa kader PMII tidak selalu terjun di dunia politik dan dikader sebagai politisi. PMII juga memiliki banyak ruang untuk memberdayakan potensi kader sehingga kelak ketika terjun ke masyarakat, mereka sudah siap.

"PMII merupakan wadah bagi kader-kadernya untuk berproses sehingga melahirkan tokoh-tokoh intelektual di berbagai bidang. Tak hanya bidang seni budaya, kita juga memberikan ruang bagi setiap kader untuk menunjukan potesi yang dimiliki sesuai minat dan bakatnya. Misalnya, wirausaha, politik, olahraga dan sebagainya," paparnya.

Tari Giri Sholawat merupakan tarian yang berasal dari Kabupaten Gresik. Tarian ini  pernah diikutkan dalam Festival Karya Seni di tingkat Provinsi dengan mengusung kearifan lokal.

Tari Giri Sholawat adalah sebuah tarian yang menggambarkan proses perjalanan remaja Gresik untuk menapaki kehidupan yang diuntai dalam gerak ritmis dan musik yang dinamis serta lantunan sholawat dan pujian yang dipanjatkan pada ilahi robbi.

Pewarta : Rohmadi
Editor: Fitriana


Editor:

Daerah Terbaru