• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 19 April 2024

Daerah

Sumpah Pemuda, Kaum Muda NU Bentangkan Bendera Sepanjang 178 Meter

Sumpah Pemuda, Kaum Muda NU Bentangkan Bendera Sepanjang 178 Meter
Iring-iringan pembawa bendera merah putih sepanjang 178 meter peringati hari sumpah pemuda (Foto: Rohmadi)
Iring-iringan pembawa bendera merah putih sepanjang 178 meter peringati hari sumpah pemuda (Foto: Rohmadi)

NU Jombang Online,
Pemerintah Kecamatan Kudu, Kabupaten Jombang beserta organisasi kepemudaan NU, Ikatan Pemuda dan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama. Bentangkan bendera sepanjang 178 meter peringati sumpah pemuda Rabu (28/10). Dua puluh delapan Oktober merupakan hari bersejarah bagi seluruh warga Indonesia, sebab, pada tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda yang sudah dilalui selama 92 tahun lamanya.

Acara tersebut di dimulai dengan kirab dengan membawa bendera merah putih yang panjangnya mencapai 178 meter. Dalam kirab tersebut, seluruh peserta berjalan kaki sejauh kurang 3 KM, mulai dari tempat wisata Sendang Made, Kudu, Jombang menuju puncak Gunung Pucangan, Ngusikan.

Dengan berjalan kaki, peserta berjejer sambil membawa bendera tersebut secara bersama-sama menuju puncak. Acara ditutup dengan pembentangan bendera dan upacara bendera di puncak gunung Pucangan

Sumpah Pemuda merupakan salah satu hari bersejarah dan sakral bagi rakyat Indonesia, karena di dalamnya secara garis besar, memuat tentang perjuangan bangsa Indonesia dalam mengusir penjajahan di bumi pertiwi.

Dalam kegiatan tersebut Pemerintah Kecamatan Kudu, Jombang melibatkan beberapa organisasi pemuda setempat, seperti Karang taruna, Pramuka, dan IPNU IPPNU Jombang.

Menurut Subhan, Ketua PC IPNU Jombang sekaligus sebagai penanggung jawab dari IPNU mengatakan, dalam acara ini kami mengikutsertakan CBP (Corp Brigade Pembangunan) dan KPP (Korp Pembangunan Putri) yang memang lebih paham untuk mengawal jalanya kegiatan tersebut.

"IPNU IPPNU melibatkan salah satu lembaganya, yakni Lembaga CBP (Corp Brigade Pembangunan) dan KPP (Korp Pembangunan Putri) yang tersebar di beberapa wilayah di Jombang. Mereka turut berpartisipasi melakukan upacara tersebut sejak awal acara," ungkap Subhan.

Peringatan ini merupakan wujud kecintaan pelajar NU Jombang pada pelestarian peristiwa sejarah Indonesia. Bahwa peristiwa sumpah pemuda merupakan salah satu hal yang dapat direfleksikan para pemuda saat ini sebagai perjuangan memertahankan kemerdekaan Indonesia. Sebab ditangan pelajarlah masa depan Indonesia dipertaruhkan sebagai generasi selanjutnya.

“Kami ucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kecamatan Kudu, yang telah menginisiasi kegiatan ini dengan sangat menarik dan telah memberikan wadah bagi pemuda dan pelajar untuk merefleksikan momen ini dengan hal yang positif," ujarnya

Subhan berharap seluruh pelajar NU di setiap daerah, terutama di kabupaten Jombang, dapat memiliki semangat yang berkobar dalam mempertahankan keutuhan bangsa dan negara.

"Kami sebagai pelajar NU berharap momen ini juga sebagai momen penanda kebangkitan semangat untuk mempertahankan NKRI dari segala bahaya yang mengancam," pungkasnya.

Pewarta : Rohmadi
Editor: Fitriana


Editor:

Daerah Terbaru