• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Rabu, 24 April 2024

Daerah

Suarakan Keadilan untuk Almarhum Randi, PMII Jombang Gelar Aksi Solidaritas

Suarakan Keadilan untuk Almarhum Randi, PMII Jombang Gelar Aksi Solidaritas
Aksi solidaritas PMII Jombang di depan Mapolres (NU Jombang Online/Anggit)
Aksi solidaritas PMII Jombang di depan Mapolres (NU Jombang Online/Anggit)

NU Jombang Online, 
Sejumlah aktivis yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Jombang, Jawa Timur turun ke jalan melakukan aksi solidaritas, Sabtu (28/9) di depan Mapolres setempat. Ini dilakukan atas instruksi Pengurus Besar (PB) PMII, dan digelar oleh seluruh Pengurus PMII se-Indonesia dengan serentak.

Aksi tersebut dalam rangka menyikapi wafatnya Randi, Mahasiswa Fakultas Perikanan, Universitas Helu Oleo yang meninggal akibat tertembak saat mengikuti demonstrasi menuntut pencabutan Revisi UU KPK dan KUHP di Kendari beberapa waktu silam. Randi sendiri adalah salah seorang kader PMII.

Dalam aksi solidaritas, massa PMII menggelar tahlil dan doa serta tabur bunga bersama jajaran Polres Jombang

Ketua Umum PC PMII Jombang, M Irham Thamrin menyebut, aksi ini untuk mengenang dan mendoakan almarhum sahabat Randi. "Aksi kami merupakan aksi solidaritas, gerakan hati kami yang terguncang, setelah salah satu sahabat kami, Randi meninggal akibat tertembak saat Aksi di Kendari beberapa waktu lalu," ucapnya.

Sementara Korlap Aksi Solidaritas, Najihul Huda menyampaikan, di samping tahlil dan tabur bunga, PMII juga menuntut beberapa hal dalam kasus ini. Di antatanya, polisi harus mengusut tuntas pelaku penembakan sahabat Randi dan korban aksi lainnya, stop kriminalisasi aktivis, pihak aparat harus bertanggung jawab atas kematian sahabay Randi, dan adili pelaku kekerasan dengan seadil-adilnya. 

Sementara itu, Kapolres Jombang, AKPB Boby Tambunan menyampaikan, dirinya menerima aspirasi dan tuntutan dari mahasiswa. Ia mengaku Pihak Polri sudah mulai bergerak mengusut kasus ini. "Kami menerima apa yang disuarakan oleh teman-teman mahasiswa, terlebih aspirasi yang teman-teman mahasiswa sampaikan juga santun dan tetap sopan, kasus ini juga sudah disikapi, Kapolri juga langsung berangkat ke Kendari setelah kasus ini terjadi," tandasnya.

Aksi solidaritas ini diikuti oleh seluruh Kader PMII se-Jombang. Massa aksi berkumpul di Kebon Rojo pada pukul 09.00 WIB, kemudian melakukan long march menuju Polres Jombang. Aksi solidaritas selesai pukul 12.30 WIB dengan ditandainya penandatangan tuntutan oleh pihak PMII dan Polres.

Sehari sebelumnya, PMII Jombang beserta Polres menggelar sholat ghaib untuk almarhum Randi. (Anggit/Syamsul Arifin) 


Editor:

Daerah Terbaru