• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Sabtu, 20 April 2024

Daerah

Sinergi LAZISNU dan Pergunu Jombang Bantu Guru Tedampak Covid-19

Sinergi LAZISNU dan Pergunu Jombang Bantu Guru Tedampak Covid-19
Serah terima bantuan LAZISNU Jombang ke Pergunu untuk guru-guru NU. (Foto: Istimewa)
Serah terima bantuan LAZISNU Jombang ke Pergunu untuk guru-guru NU. (Foto: Istimewa)

​NU Jombang Online - Pngurus Cabang (PC) Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Jombang, Jawa Timur terus bergerak membantu masyarakat terdampak Covid-19. Kali ini bekerja sama dengan Persatuan Guru NU (Pergunu) menyasar para guru yang berada di bawah garis koordinasinya.

Pergunu di Kota Santri ini membawahi cukup banyak guru NU yang tersebar di berbagai kecamatan. Mereka termasuk bagian dari pihak yang tedampak Covid-19, karena aktivitas keguruan atau pengajaran sementara berhenti di sekolah-sekolah. Sebagian tugas dan tanggung jawabnya dimonitor dari rumahnya masing-masing.

Untuk itu LAZISNU hadir di tengah pandemi membantu mereka untuk meringankan beban ekonominya, meski bantuan tersebut tidak secara keseluruhan bisa meng-cover kebutuhan-kebutuhannya.

"Pergunu yang merupakan Banom dari NU maka sewajarnya bersinergi dg LAZISNU, meski saat ini belum maksimal," kata Ketua PC LAZISNU Jombang, Ahmad Zainudin, Senin (11/5).

LAZISNU memberikan batuan dana sebesar 5 juta rupiah dan 1.800 masker kepada Pergunu. Bantuan tersebut diterima langsung oleh Ketua Pimpinan Cabang (PC) Pergunu, H S Arifin di Kantor LAZISNU, Jl. Gatot Subroto No.04, Jelakombo, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang.

Secara teknis di lapangan, LAZISNU sepenuhnya menyerahkan kepada Pergunu. Diharapkan bantuan tersebut benar-benar tepat sasaran dan memprioritaskan guru NU yang taraf ekonominya menengah ke bawah.

Pria yang akrab disapa Gok Din ini meminta, Pergunu ke depan juga bisa memaksimalkan Zakat Infak dan Sedekah (ZIS) di lingkungan guru. Ia memandang ada potensi besar pengelolaan ZIS di kalangan guru-guru NU cukup besar tatkala dimanajemen dengan sebaik mungkin.

"Ke depan kami berharap Pergunu bisa menjadi penggerak ZIS di kalangan guru-guru NU. NU sudah punya LAZISNU, maka kewajiban kita semua membesarkan dan mensyiarkan," jelaskan.

Sementara itu, H S Arifin menilai bahwa bantuan itu datang pada situasi yang sangat tepat. Banyak guru NU yang saat ini memang membutuhkan uluran tangan pihak dermawan, karena situasi pandemi demikian mempengaruhi terhadap sendi-sendi kehidupan.

"Alhamdulillah, saat yang tepat bagi PC Pergunu Jombang untuk turut membantu para PAC Pergunu se-Jombang bergerak hadir dalam membantu guru NU terdampak Covid-19," ujarnya. 

Ia juga mengapresiasi atas gerakan LAZISNU yang dinilai cukup responsif terhadap situasi dan kondisi yang tengah dihadapi guru NU saat ini. "Terima kasih LAZISNU Jombang atas bantuan dan kerja sama yang baik ini. Semoga selalu dimudahkan oleh Allah SWT," tutupnya. 

Pewarta: Ahmad 
Editor: Syamsul Arifin 


Editor:

Daerah Terbaru