• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 29 Maret 2024

Daerah

Sinergi Baznas dan RMINU Jombang Optimalkan Kemandirian Ekonomi Pesantren

Sinergi Baznas dan RMINU Jombang Optimalkan Kemandirian Ekonomi Pesantren
Penyerahan bantuan program kemitraan penggemukan kambing RMINU oleh Baznas Jombang. (Foto:Istimewa)
Penyerahan bantuan program kemitraan penggemukan kambing RMINU oleh Baznas Jombang. (Foto:Istimewa)

NU Jombang Online, 
Badan Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Jombang, Jawa Timur dan Rabithah Ma'ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMINU) setempat bersinergi untuk mendorong terealisasinya program-program kemandirian ekonomi yang dimiliki pesantren.

Sinergi diwujudkan dalam bentuk bantuan uang tunai dari Baznas untuk program penggemukan kambing RMINU di Kota Santri ini. Bantuan diberikan oleh Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab dan Wakil Bupati Jombang Sumrambah kepada Pondok Pesantren Darul Hikmah, Dusun Jlopo, Desa Tebel, Kecamatan Bareng, Jombang dan Pondok Pesantren Sunan Kali Jogo, Dusun Jatipandak, Dusun Jatiduwur, Kecamatan Kesamben, Jombang.

"Semoga ke depan bisa menyentuh semua pondok pesantren di Kabupaten Jombang," kata putri almaghfurlah KH Abdul Chasbullah ini, Jumat (20/3).

Adapun bantuan yang diterima masing-masing pesantren sebesar 25.000.000 dan diterima oleh perwakilan dari stakeholder dua pesantren yang bersangkutan. 

Ketua Baznas Jombang, Didin Achmad Sholahudin mengungkapkan, program tersebut merupakan ikhtiar Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Baznas dalam mendorong upaya kemandirian yang dilakukan oleh sejumlah pesantren, tidak terkecuali pesantren di bawah binaan RMINU. 

'Ini merupakan komitmen Pemkab Jombang untuk membantu pondok pesantren dalam membngun kewirausahaan santri, dan lembaga usaha untuk pondok pesantren," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Ketua PC RMINU Jombang H AR Jauharuddin Alfatih mengapresiasi atas bantuan yang diberikan Baznas untuk mengembangkan usaha-usaha yang selama ini dilakukan pesantren. Beberapa Pesantren di Jombang, lanjutnya, memang sudah mulai konsentrasi dalam hal pemberdayaan ekonominya. Dengan segala potensi yang dimiliki pesantren, ia meyakini ke depan usaha kemandirian ekonomi pesantren dapat terwujud dengan baik.

"RMINU Jombang berterimakasih kepada Baznas Jombang atas terlaksananya kerja sama dalam pemberdayaan ekonomi pesantren. RMI berharap, start yang bagus ini dapat berlangsung secara kontinu di kesempatan mendatang," ujarnya.

Pengasuh Pondok Pesantren Al-Ghazali Tambakberas, Jombang ini menambahkan, Baznas sudah melakukan langkah yang konkret dalam mendukung usaha perekonomian pesantren. Ke depan, imbuhnya, Baznas perlu menyasar pesantren-pesantren yang selama ini kurang mendapat perhatian lebih dari tangan-tangan dermawan.

Pasalnya, menurut data yang dikantonginya, pesantren-pesantren yang ada di wilayah pinggiran di Jombang cukup banyak. Dan mereka butuh dukungan dalam mengembangkan pondoknya, termaus usaha-usaha produktif yang ditekuninya.

"RMINU merekomendasikan Baznas untuk menyentuh pesantren-pesantren yang berada di wilayah periferal Jombang. Karena masih banyak pesantren-pesantren di wilayah tepi kabupaten Jombang yang belum tersentuh oleh program pemerintah maupun lembaga pemberi bantuan," pungkasnya. 

Pewarta: Ahmad 
Editor: Syamsul Arifin 


Editor:

Daerah Terbaru