• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Kamis, 25 April 2024

Daerah

Sakoma Jombang Peduli Lingkungan Hidup

Sakoma Jombang Peduli Lingkungan Hidup
Kegiatan workshop lingkungan hidup dilakukan Sakoma kerja sama dengan DLH. (Foto: NU Jombang Online/panitia)
Kegiatan workshop lingkungan hidup dilakukan Sakoma kerja sama dengan DLH. (Foto: NU Jombang Online/panitia)

NU Jombang Online, 
Siswa-siswi madrasah di bawah naungan Ma'arif Kabupaten Jombang, Jawa Timur dididik untuk peduli terhadap lingkungannya. Melalui Satuan Komunitas Pramuka Ma’arif (Sakoma), pengetahuan siswa-siswi akan lingkungan hidup ditingkatkan lewat workshop kerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat.

Ketua Sakoma Jombang, M Shobih mengungkapkan, workshop tersebut merupakan salah satu di antara rangkaian kegiatan Hari Santri 2019. Peserta kegiatan yang mayoritas dari kalangan santri itu menurutnya harus memiliki pemahaman yang progresif terhadap pengelolaan lingkungan hidup.

"Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Sakoma terhadap lingkungan hidup dalam penanganan sampah," ujarnya, Jumat malam (18/10).

Sampah tidak melulu memiliki nilai yang negatif, lantaran identik dengan hal-hal yang kotor. Justru sebaliknya, sampah akan berubah mempunyai nilai positif dan ekonomis tatkala dikelola dengan sebaik mungkin.

Siapapun bisa mengelolanya dengan tepat, asalkan memiliki kompetensi dan ketekunan dalam mengelola sampah. "Workshop ini mengajarkan bagaimana sampah diolah dengan baik dan memiliki nilai jual, sehingga menjadi sampah yang produktif dan menumbuhkan rasa kreativitas di tengah masyarakat," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengurangan Sampah DLH Jombang, H Amien Fatoni menyampaikan, bahwa potensi sampah produktif masih sangat besar untuk dikembangkan menjadi pundi-pundi uang yang berguna untuk masyarakat.

"Asalkan mengetahui cara pengelolaan sampah tersebut," tuturnya.

Kegiatan ini diikuti sekitar 120 siswa pramuka penggalang. Sejak awal acara dimulai mereka tampak antusias mengikuti hingga selesai. (Syamsul Arifin) 


Editor:

Daerah Terbaru