• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 29 Maret 2024

Daerah

Safari Ramadhan, Cara MWCNU Kesamben Ciptakan Suasana Sejuk setelah Pemilu

Safari Ramadhan, Cara MWCNU Kesamben Ciptakan Suasana Sejuk setelah Pemilu

NU Jombang Online,
Jajaran Pengurus Majelis Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kesamben, Kabupaten Jombang, Jawa Timur beserta beberapa badan otonomnya menyepakati adanya kegiatan Safari Ramadhan pada Ramadhan 1440 Hijriyah ini. Kegiatan dilakukan bersama sejumlah pengurus NU tingkat desa (ranting) di Kesamben.

Ketua MWCNU Kesamben, M. Setu mengatakan, acara Safari Ramadhan bertujuan selain untuk memperkuat persaudaraan sesama pengurus NU di Kesamben, juga sebagai upaya ikut menciptakan suasana sejuk pasca dihelatnya Pemilu 2019.

"Sudah semestinya kita sebagai warga NU ikut menciptakan kondisi yang sejuk pasca Pemilu," katanya, Sabtu (11/5).

Menurut dia suasana yang sejuk setelah Pemilu tentu menjadi harapan bagi berbagai elemen masyarakat, terutama masyarakat yang berada di desa-desa. Segenap unsur pemerintah di Jombang, kata dia, hingga kini juga gencar berupaya menciptakan suasana yang damai dengan menggandeng berbagai ormas.

"Kegiatan ini juga membantu program Muspika dan MUI menciptakan kondisi politik yang sejuk di masyarakat paling bawah sebelum penetapan hasil Pemilu tanggal 22 Mei 2019 mendatang," ujarnya.

Ia menambahkan pada kegiatan Safari Ramadhan sekaligus melaksanakan tarawih bersama dengan pengurus ranting NU di desa-desa. M. Setu menyebutnya dengan istilah tarawih keliling atau Tarling. Bahkan untuk Tarling ini sudah dimulai MWCNU Kesamben sejak beberapa tahun silam.

"Kegiatan Tarling seperti ini sudah berjalan rutin tiap tahun sejak dua periode yang lalu, tepatnya pada periode KH. Saikhun sebagai Ketua Tanfidziyah dan saya menjadi Sekretaris dilanjut periode Abah H. Ach. Syafi'i," jelasnya.

Untuk sistem Tarling di Ramadhan kali ini, disusun pembagian wilayah-wilayah. Para Pengurus MWCNU juga badan otonom (Banom) NU di Kesamben akan memimpin Safari dan Tarling di masing-masing wilayahnya sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

"Dengan kegiatan seperti ini, diharapkan bisa memberi semangat tersendiri untuk berkhidmat di Nahdlatul Ulama, baik tingkat MWCNU maupun ranting," ucapnya.

Adapun waktu dan tempat dilakukan safari Ramadhan sebagai berikut:

1. Tanggal 16 Mei 2019 di Masjid Baiturrohim Dusun Ngemplak, Desa Podoroto. 

2. Tanggal 18 Mei 2019 di Masjid Attaqwa Desa Gumulan

3. Tanggal 16 Mei untuk PRNU Podoroto, Jombok, Carangrejo, Blimbing, Wuluh, Pojokrejo, Kesamben dan Watudakon.

4. Tanggal 18 Mei untuk PRNU Kedungmlati, Kedungbetik, Pojokulon, Gumulan, Jatiduwur dan Jombatan. (Syamsul Arifin) 


Editor:

Daerah Terbaru