• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Sabtu, 20 April 2024

Daerah

RA dan MI Miftahul Ulum Jombok Kesamben Perkuat Bela Rasa dengan Bakti Sosial

RA dan MI Miftahul Ulum Jombok Kesamben Perkuat Bela Rasa dengan Bakti Sosial
Siswa-siswi RA dan MI Miftahul Ulum Jombok, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang foto bareng usai melakukan bakti sosial. (Foto:NU Jombang Online/Pipit Samsiyah)
Siswa-siswi RA dan MI Miftahul Ulum Jombok, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang foto bareng usai melakukan bakti sosial. (Foto:NU Jombang Online/Pipit Samsiyah)

NU Jombang Online, 
Raudlatul Athfal (RA) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Ulum Desa Jombok, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang menyelenggarakan kegiatan bakti sosial di Dusun Beluk, Desa Jombok, Kesamben, Rabu (5/2). Kegiatan bertemakan 'We share we care' ini diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian siswa RA-MI Miftahul Ulum Jombok terhadap bencana alam banjir yang terjadi di desa setempat. 

Kepala MI Miftahul Ulum Jombok  M. Setu, S.Pd.I menyampaikan, bahwa kegiatan yang dimulai dari pukul 13.00 WIB sampai dengan 15.00 WIB ini memiliki beberapa tujuan. Di samping untuk membantu warga masyarakat yang menjadi korban bencana alam, kegiatan itu juga sebagai upaya meningkatkan rasa sosial di lingkungan madrasah.

Hal ini menunjukkan bahwa siswa RA-MI Miftahul Ulum Jombok tidak hanya unggul dalam bidang akademis, namun juga aktif dalam kegiatan sosial. Diharapkan kegiatan itu bisa membentuk karakter anak berupa bela rasa atau compassion

"Dalam kegiatan ini kita mengajak anak-anak agar terlibat secara langsung dan dapat mengembangkan sikap kepedulian sosial mereka. Membentuk simpati dan jiwa sosial anak," katanya.

Dengan semangat bela rasa, lanjut dia, diharapkan para siswa mampu merasakan penderitaan orang lain dan gemar mengulurkan tangan untuk menolong, sehingga ke depan para siswa menjadi orang-orang yang mampu melakukan perubahan.

Selain melibatkan siswa kelas V dan kelas VI sebagai perwakilan nadrasah, kegiatan ini juga berkolaborasi dengan Ibu Penggerak PKK Desa Jombok yang langsung terjun langsung ke lokasi bencana untuk menyalurkan bantuan. 

Bupati Jombang, Ibu Hj Mundjidah Wahab yang kala itu sedang melakukan kunjungan kerja memantau kinerja BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) di Dusun Beluk, Desa Jombok mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya bakti sosial yang dilakukan MI Miftahul Ulum Jombok sesuai dengan visi pemerintahan yang saat ini ia pimpin.

“Kegiatan semacam ini sangat sesuai dengan misi Jombang berkarakter, kegiatan yang positif untuk meningkatkan karakter anak, teruskan dan tingkatkan kegiatan seperti ini agar jiwa sosial anak terbentuk," pesannya. 

Kontributor: Pipit Samsiyah
Editor: Syamsul Arifin


Editor:

Daerah Terbaru