Home Opini Bahtsul Masail Amaliyah NU Khutbah Buku/Resensi Berita Nasional Hikmah Fiqih Humor Nyantri Ekonomi Bisnis Berita Daerah Info Grafis Mitra Tentang PCNU Program Foto Video MWC Ranting NU Pengurus PCNU

Peringati Isra' Mi'raj, TPQ Salamatussa'diyah Ajak Santri Tingkatkan Kualitas Shalat

Peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW TPQ Salamatussa'diyah. (Foto: NU Jombang Online/Syahal Masrur)
Peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW TPQ Salamatussa'diyah. (Foto: NU Jombang Online/Syahal Masrur)

NU Jombang Online, 
Para santri Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) Salamatussa'diyah, Desa Mojolegi, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang bersama-sama memperingati Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW, Jumat (12/3) di Mushalla area Madrasah Aliyah (MA) Assulaimaniyah.

Acara diawali membaca Shalawat Diba' oleh para santri yang dipandu Ustadzah Ruqoiyah dan Ustadz Afif. Mereka tampak antusias bergantian melantunkan Sholawat Diba' tersebut. 

Kepala TPQ Salamatussa'diyah, Hj Khusnul Khotimah dalam sambutannya mengungkapkan, peringatan Isra' Mi'raj kali ini mengusung tema 'Spirit Isra' Mi'raj sebagai Momentum Tingkatkan Kualitas Shalat'. Tema ini diharapkan bisa menginspirasi para santri untuk meneladani risalah Nabi Muhammad, khususnya tentang shalat.

"Banyak teladan Nabi Muhammad SAW yang patut kita ikuti di antaranya yakni perintah shalat yang diterima langsung dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW," katanya.

Saat menerima perintah shalat, imbuhnya, Nabi Muhammad benar-benar berpihak kepada umatnya. Ia tidak ingin umatnya terbebani dengan jumlah shalat yang diperintahkan Allah SWT kepada dirinya dan umatnya kala itu.

"Dari jumlah rakaat shalat yang kita kerjakan sehari-hari dari sebelumnya yang berjumlah 50 waktu menjadi hanya 5 waktu yakni Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib, Isya'," ujarnya.

Sebagai seorang Muslim, lebih-lebih bagian dari santri TPQ Salamatussa'diyah, menurut dia sudah seharusnya selalu belajar meningkatkan kualitas shalat setiap waktu. "Dari yang sebelumnya mungkin belum bisa shalat, menjadi lebih rajin shalatnya," pungkasnya.

Kontributor: Syahal Masrur
Editor: Ahmad