• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Rabu, 24 April 2024

Daerah

Peringati HKBN, Bagana Jombang Simulasi Hadapi berbagai Bencana

Peringati HKBN, Bagana Jombang Simulasi Hadapi berbagai Bencana

NU Jombang Online,
Dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) 2019, tepatnya pada Jumat (26/4) kemarin, Banser Tanggap Bencana (Bagana) Jombang, Jawa Timur gelar simulasi hadapi berbagai bencana. Selain itu kegiatan lain berupa edukasi kebencanaan serta uji sirine peringatan dini juga dilangsungkan.

Kegiatan melibatkan beberapa personal dari unsur Banser, LPBI, Muslimat Fatayat, CBP IPNU dan KPP IPPNU Kecamatan Mojowarno, Jombang.

Kasatsus Bagana Jombang, Em Muttaqin mengatakan setidaknya ada tiga simulasi yang diperagakan. Yakni simulasi mandiri gempa bumi, simulasi pemadaman kebakaran dan water rescue (laka air). Dua simulasi yang terakhir ini dilaksanakan di halaman Kantor MWCNU Mojowarno dan sungai Selorejo.

"Latihan evakuasi mandiri itu tujuannya, melatih diri kita agar tanggap dalam hal situasi darurat, sebelum pertolongan dari orang lain datang. Kita dilatih menggunakan peralatan seadanya yang ada di sekitar kita," ungkapnya.

Untuk simulasi mandiri gempa bumi melibatkan siswa dan dewan guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) Raden Rahmad Mojowarno.

Ia berharap dengan adanya peringatan HKBN itu masyarakat kian mengenali ancaman beragam bencana sekaligus bisa siaga dalam situasi darurat bencana.

"Sesuai dengan tujuan HKBN adalah gerakan massal yang diharapkan bisa menumbuhkan kesadaran dan kebiasaan masyarakat agar lebih siap dalam menghadapi bencana," pungkasnya. (Syaihul Alim/Syamsul Arifin)


Editor:

Daerah Terbaru