• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 29 Maret 2024

Daerah

Perdana di Jombang, Penggunaan E-Voting Untuk Pemilihan Ketua IPNU-IPPNU

Perdana di Jombang, Penggunaan E-Voting Untuk Pemilihan Ketua IPNU-IPPNU
Pemilihan Ketua PAC IPNU-IPPNU Peterongan. (Foto: NU Jombang Online/Yuanita)
Pemilihan Ketua PAC IPNU-IPPNU Peterongan. (Foto: NU Jombang Online/Yuanita)

NU Jombang Online, 
Berbeda dari biasanya, Konferancab Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) Kecamatan Peterongan , Jombang, Jawa Timur menggunakan e-voting untuk memilih ketua baru, Minggu (9/8).

Konferancab ini dilaksanakan di MI Al-Hidayah Keplaksari, Peterongan, Jombang.  Aplikasi E-Voting yang digunakan ini, karya asli dari kader IPNU Peterongan yaitu Rekan Hudan Aminullah Ketua Pimpinan Ranting Kebontemu.

Rekan Hudan, selaku Developer Aplikasi E-Voting, menyampaikan bahwa Kemampuan aplikasi e-voting ini mampu meringkas waktu saat perhitunga. “Semua proses perhitungan suara dilakukan didalam sistem, perhitungan yang biasa dilakukan manual dengan memakan waktu yang cukup lama, pada aplikasi ini memberikan solusi untuk mempercepat proses pemilihan, Juga untuk siaga adanya mosi tidak percaya. pada sistem ini diberikan fitur cetak setelah memilih dan cetakan tersebut dimasukkan dalam kotak suara untuk dihitung kembali ketika menemui kendala dalam perhitungan suara dalam system," ujarnya.

Sementara itu, Rekan Robby selaku ketua demissioner PAC IPNU IPPNU berharap E-Voting ini bisa di jalankan pula oleh Pelajar NU Kabupaten Jombang , dan banom-banom NU lainnya. "Dengan adanya Aplikasi ini ini, diharapkan bisa mengawali digitalisasi organisasi pelajar NU Jombang dan juga badan otonom NU yg lainnya dalam hal pemilihan ketua," tuturnya.

Asmui selaku Ketua MWC Peterongan, menyampaikan sangat apresiasi dengan adanya pemilihan ketua secara E-Voting ini. “Sudah saatnya remaja-remaja NU sekarang faham tentang teknologi dan dengan teknologi kalian bisa pergunakan berdakwah," ungkapnya. 

Akhirnya pemilihan secara demokratis berbasis teknologi tersebut terpilih pasangan yaitu Ridho Solehuddin sebagai Ketua PAC IPNU dan Kiki Rizmawati sebagai Ketua PAC IPPNU dengan memperoleh suara 14 IPNU dari 16 total peserta dan 15 suara IPPNU dari 16 total peserta . Tampak para pelajar NU demikian antusias mengikuti pemilihan ini. Hal tersebut dibuktikan dengan keikutsertaan mereka pada suksesi kepengurusan IPNU dan IPPNU.

Kontributor: Kiki
Editor: Septy Yuanita


Editor:

Daerah Terbaru