• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 29 Maret 2024

Daerah

Pemuda Ini Merasa Hidupnya Lebih Bermanfaat saat Aktif di NU

Pemuda Ini Merasa Hidupnya Lebih Bermanfaat saat Aktif di NU

NU Jombang Online, 
NU memberikan manfaat khususnya kepada mereka yang aktif di dalamnya. Sepenggal kalimat itu kiranya bisa menggambarkan situasi yang dialami salah seorang warga asal Desa Dukuhdimoro, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Amin Muslik. 

Seorang anak muda itu pernah menjalani hidup yang dinilai kurang manfaat. Ia menyebutnya tak ubahnya seperti rongsokan atau barang bekas yang tidak terlalu memiliki nilai.

Terhitung kurang lebih dari lima tahun ia menjalani hidupnya kurang bermanfaat. "Selama lima tahun merasa menjadi rongsokan," katanya kepada NU Jombang Online, Kamis (15/8).

Lebih jauh pria yang biasa dipanggil Gus Amin ini mengutarakan, setelah beberapa waktu kemudian, ia merasa lebih bermanfaat kala mencoba aktif di NU. Di NU menurut dia mulai menemukan dunia yang menyenangkan, bermanfaat untuk dirinya juga kepada orang lain.

"Setelah berkhidmat di NU (hidup) menjadi (lebih) bermanfaat," imbuhnya.

Saat ini ia aktif di salah satu badan otonom (Banom) NU, Gerakan Pemuda (GP) Ansor Mojoagung, juga di Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Mojoagung. Ia sudah mempunyai banyak teman yang dinilai lebih baik daripada sebelum-sebelumnya.

Menurut dia, NU adalah perantara memperoleh keberkahan hidup. Meskipun aktif di NU tidak memungkinkan harus mengeluarkan uang, berkorban tenaga dan waktu, namun tak menjadikan bangkrut. Malah sebaliknya, ia akan lebih barokah atau bermanfaat.

"Di NU itu tidak menjadikan kita bangkrut, karena khidmat di NU menjadi keberkahan bagi warga nahdliyin," ungkapnya. 

Selama aktif di Ansor, ia tak jarang mengikuti kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan Ansor juga PCNU. Termasuk kegiatan rutinanitas Ansor dan LDNU setempat.

Selain aktif di NU, Gus Amin ini juga seorang pengusaha mebel. Setiap harinya ia harus mengelola usahanya itu. Meski demikian, khidmatnya di NU tak pernah ia tinggalkan. Bahkan dengan menjalankan dua-duanya ia merasa lebih bermakna.

Kepada anak-anak muda ia berpesan untuk juga aktif di NU, baik di Banomnya ataupun di beberapa lembaga yang dimiliki NU. Aktif di NU tak perlu khawatir dengan hidupnya, jika ikhlas menjalankan khidmatnya, maka hidupnya akan jauh lebih bermanfaat. (Rifqi Nurul Hidayat/Syamsul Arifin) 


Editor:

Daerah Terbaru