• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Kamis, 25 April 2024

Daerah

Peletakan Batu Pertama Dilakukan, Semua Lembaga PCNU Jombang akan Miliki Kantor

Peletakan Batu Pertama Dilakukan, Semua Lembaga PCNU Jombang akan Miliki Kantor
Rais Syuriyah PCNU Jombang, KH Abdul Nashir Fattah hendak meletakkan batu pertama pembangunan kantor lembaga PCNU Jombang. (Foto:NU Jombang Online/Syamsul Arifin)
Rais Syuriyah PCNU Jombang, KH Abdul Nashir Fattah hendak meletakkan batu pertama pembangunan kantor lembaga PCNU Jombang. (Foto:NU Jombang Online/Syamsul Arifin)

NU Jombang Online, 
Sebuah organisasi akan maju manakala didukung dengan fasilitas yang memadai serta sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni. Demikian ini sudah cukup lumrah dan berlaku secara umum, tidak terkecuali di Nahdlatul Ulama (NU). Organisasi keagamaan dan kemasyarakatan terbesar di Nusantara ini terus berbenah meningkatkan kerja-kerjanya dengan memaksimalkan potensi dan sumber daya yang dimilikinya. 

Semangat ini menjadi magnet bagi Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jombang, Jawa Timur untuk terus menggenjot pembangunan, baik fisik maupun non-fisik. Dari sisi pembangunan fisik, PCNU Jombang sudah membangun kantor yang cukup representatif di level kepengurusan NU tingkat kabupaten. Kantor ini diresmikan tepatnya pada 21 April 2019 lalu.

Kini, di momentum perayaan Harlah ke-97 NU pada Ahad (15/3), PCNU Jombang kembali berikhtiar lebih dengan membangun sejumlah kantor lembaga yang dimiliki PCNU. Tahap pertama sudah dilakukan yang ditandai dengan peletakan batu pertama. Posisinya tepat sebelah utara kantor PCNU.

"Bismillahirrahmanirrahim, allahumma shalli ala Muhammad, semoga lancar," kata Katib Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Yahya Cholil Staquf saat meletakkan batu di sisi pojok utara pembangunan kantor lembaga PCNU Jombang.

Peletakan batu pertama dilakukan oleh tiga orang, di samping Kiai Yahya Cholil, dua orang lainnya adalah Rais Syuriyah PCNU Jombang, KH Abdul Nashir Fattah dan Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab. Sebelum masing-masing dari mereka menaruh batu pada tempat yang disediakan, batu-batu tersebut tampak didoakan oleh KH Abdul Nashir Fattah.

Adapun lembaga-lembaga yang dimiliki PCNU di Kota Santri ini setidaknya ada 16 lembaga. Semua lambaga itu nantinya akan berkantor terpusat di kantor yang beralamat di Jl. Raya Jombang, Ngrowo, Gambiran, Kec. Mojoagung, Kab. Jombang, Jawa Timur 61482.

Sementara itu Ketua PCNU Jombang, KH Salmanudin Yazid menuturkan, dirinya menganggap keberadaan kantor itu akan sangat membantu efektivitas kerja masing-masing pengurus lembaga yang ada. Sehingga, program-program yang sudah dirumuskan oleh setiap lembaga itu dapat dilaksanakan dengan maksimal.

"Keberadaan kantor ini sangat efektif untuk meningkatkan kerja lembaga-lembaga PCNU. Dan nanti tidak ada lagi kantor lembaga di rumahnya ketuanya," jelasnya.

Di samping itu, lanjutnya, kantor juga dapat menjaga data-data penting yang dipunyai setiap lembaga. Seperti arsip surat masuk dan keluar, juga inventaris-inventaris organisasi agar tidak rawan hilang. "Nanti setelah terjadi pergantian pengurus lembaga, tidak memulai dari awal lagi. Tetapi tinggal melanjutkan dari peninggalan kepengurusan sebelumnya," tuturnya.

Perayaan Harlah ke-97 NU di Jombang dikonsep dengan istighotsah kubro, pengukuhan pengurus lembaga PCNU, peluncuran Koin Muktamar NU, dan peletakan batu pertama kantor lembaga PCNU.

Hadir pada kesempatan ini, sejumlah pengurus NU tingkat ranting, Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU), dan PCNU. Hadir pula perwakilan dari masing-masing badan otonom (Banom) NU.

Pewarta: Ahmad 
Editor: Syamsul Arifin 


Editor:

Daerah Terbaru