• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Kamis, 28 Maret 2024

Daerah

Pelatihan Khutbah: Diharapkan Muncul Khotib dari Generasi Muda NU

Pelatihan Khutbah: Diharapkan Muncul Khotib dari Generasi Muda NU
DR. Moh. Makmun, M.Hi Sedang Memberikan Materi tentang Khutbah (Foto: Rohmadi)
DR. Moh. Makmun, M.Hi Sedang Memberikan Materi tentang Khutbah (Foto: Rohmadi)

NU Jombang Online,
Bekali kader muda Nahdliyin berdakwah, Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTM NU) Jombang dan Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar NU (PC IPNU) Jombang bersinergi menggelar pelatihan Khutbah. Kegiatan ini diselenggarakan selama empat hari berturut-turut sejak 26 hingga 29 Oktober.

Pelatihan Khutbah ini dilaksanakan di empat tempat berbeda berdasarkan kordinasi daerah (Korda). Beberapa diantaranya yakni, Korda Selatan Bertempat di majelis Wakil Cabang (MWC) NU Kecamatan Bareng, Korda Timur di MWCNU Kecamatan Sumobito, Korda barat di klinik MWCNU Kecamatan Perak, dan Korda Utara di masjid Ar-Rahman, Desa Banjardowo, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang. Peserta kegiatan ini adalah kader IPNU di masing-masing Pimpinan Anak Cabang kecamatan penyelenggara.

Subhan, Ketua PC IPNU Jombang mengatakan, pelatihan khutbah ini diharapkan mampu untuk menciptakan Khotib dan imam masjid yang baru.

"Kami ingin mencetak generasi muda NU agar bisa menjadi Khotib dan Imam masjid yang baik. Sebab, ini menjadi sebuah kebutuhan yang sangat urgent, sebagai bekal para kader ketika nanti terjun kemasyarakat secara langsung. Agar tidak grogi dan mampu mengemban amanah, serta menjawab tantangan untuk menghidupi masyarakat nantinya," ungkap Subhan.

Sementara itu DR. Moh. Makmun, M.Hi, pemateri dalam kegiatan tersebut mengatakan, sebagai generasi muda NU yang akan menghadapi masyarakat secara langsung harus siap dan bisa menjadi imam sekaligus khotib. Hal-hal seperti ini memang perlu pembelajaran dan praktek secara langsung agar terbiasa nantinya.

"Regenerasi Imam dan Khotib adalah sebuah keniscayaan, dan generasi muda harus dikader untuk siap dan bisa menjadi imam dan khotib dengan pemahaman terkait fiqh jama’ah dan jumu’ah," tuturnya.

Makmun berharap, kegiatan ini bisa terus berkelanjutan dikemudian hari. Agar para kader benar-benar siap dan mempu menjadi seorang khotib yang baik.

"Kegiatan ini rencananya tidak hanya sekali, namun akan dibuat secara continue untuk mengkader para pelajar NU agar benar-benar siap menjadi khotib," pungkasnya.

 

Pewarta: Rohmadi
Editor: Fitriana


Editor:

Daerah Terbaru