• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Rabu, 24 April 2024

Daerah

Peduli Warganya, UPZISNU Kepatihan dan Klinik Pratama MWCNU Teken MoU

Peduli Warganya, UPZISNU Kepatihan dan Klinik Pratama MWCNU Teken MoU

NU Jombang Online, 
Unit Pengelola Zakat Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (UPZISNU) Desa Kepatihan, Kecamatan/Kabupaten Jombang, Jawa Timur menjalin kemitraan dengan Klinik Pratama Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Jombang terkait pelayanan kesehatan bagi warganya, Ahad (21/7).

Ketua UPZISNU Kepatihan, H Muhammad Manshur mengungkapkan, kerja sama yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) tersebut sebagai upaya kepedulian UPZISNU serta Klinik Pratama MWCNU Jombang kepada warganya dalam hal kesehatan. Warga Kepatihan, khususnya yang menjadi peserta Gerakan Koin Kemandirian NU akan mendapatkan pelayanan kesehatan di Klinik Pratama MWCNU Jombang, dan pembiayaannya diambilkan dari sebagian dana Gerakan Koin Kemandirian NU. 

"Ahad kemarin merupakan hari bersejarah buat PRNU Kepatihan setelah delapan bulan UPZISNU Kepatihan terbentuk terus melakukan terobosan dan inovasi. Tujuannya selain berkhidmad dan ngalap berkah dari para muassis dan masayikh, juga untuk kemaslahatan umat terutama Nahdliyin," katanya.

Peserta Gerakan Koin Kemandirian NU Kepatihan diberikan Kartu Sehat yang dibuat oleh UPZISNU Kepatihan dan Klinik Pratama MWCNU Jombang. Kartu ini juga harus dibawa saat hendak berobat ke Klinik milik NU satu-satunya di Jombang ini sebagai bukti yang bersangkutan adalah peserta Gerakan Koin Kemandirian NU Kepatihan.

"Mungkin UPZISNU Kepatihan ini masih satu-satunya yang bikin MoU dengan Klinik Pratama MWCNU Jombang setelah kami bikin Kartu Sehat untuk peserta Gerakan Koin Kemandirian NU," jelasnya.

Ia mengaku saat ini ada kurang lebih dari 600 peserta Gerakan Koin Kemandirian NU di Kepatihan. Mereka semuanya berhak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan sebagaimana yang disepakati antara UPZISNU Kepatihan dan Klinik Pratama MWCNU Jombang.

Adapun di antara kesepakatan yang dibangun oleh kedua belah pihak adalah pihak pertama (Klinik Pratama MWCNU Jombang) bersedia memberikan pelayanan kesehatan atau pengobatan rawat bagi pengelola UPZISNU Kepatihan sesuai jam pelayanan klinik. 

Di samping itu pihak pertama juga berkewajiban menjamin kualitas dan mutu pelayanan kesehatan yang ada di Klinik Pratama MWCNU Jombang. 

Sementara pihak kedua (UPZISNU Kepatihan) bersedia membayar biaya pengobatan bagi warga (peserta Gerakan Koin Kemandirian NU Kepatihan) yang berobat ke Klinik Pratama MWCNU Jombang dengan menunjukkan Kartu Sehat yang dikeluarkan oleh Klinik Pratama MWCNU Jombang yang bekerja sama dengan UPZISNU Kepatihan. 

Adapun pembayarannya dilakukan secara kolektif yang dibayarkan pada tanggal 1 hingga tanggal 5 di bulan berikutnya.

Untuk diketahui, pelayanan yang disediakan oleh Klinik Pratama MWCNU Jombang untuk pasien meliputi poli umum, poli gigi, laboratorium sederhana, dan KB. (Syamsul Arifin)


Editor:

Daerah Terbaru