• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Kamis, 28 Maret 2024

Daerah

PC Pergunu Ajak Bupati Bumikan Konsep Pendidikan KH. Hasyim Asy'ari di Sekolah

PC Pergunu Ajak Bupati Bumikan Konsep Pendidikan KH. Hasyim Asy'ari di Sekolah
Jajaran pengurus PC Pergunu Jombang bersama Bupati Jombang selesai audiensi di Pendopo Jombang
Jajaran pengurus PC Pergunu Jombang bersama Bupati Jombang selesai audiensi di Pendopo Jombang

NU Jombang Online,
Pimpinan Cabang Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PC Pergunu) Kabupaten Jombang berinisiatif untuk menerapkan pemikiran Kiai Haji Hasyim Asy'ari yang dirujuk dari kitab karya kiai Hasyim Asy'ari yang bertajuk Adabul 'Alim wal Muta'allim. Kitab ini menjelaskan tentang etika guru (orang alim) dan etika para pembelajar. Rencananya, penerapan pemikiran Kiai Haji Hasyim Asy'ari ini dilakukan saat masa orientasi siswa baru.

Hal tersebut disambut baik oleh Bupati Jombang, Nyai Hajjah Munjidah Wahab dalam audiensi yang dilakukan Pergunu Kabupaten Jombang di Pendopo Kamis (10/06).

Kedatangan Pergunu Jombang membawa misi besar yaitu bertujuan membumikan konsep dan pemikiran khususnya KH. Hasyim Asy'ari serta implementasinya di sekolah se Kabupaten Jombang.

"Selama ini, Jombang sebagai ikon Kota Santri sekaligus sebagai kabupaten yang merupakan tempat berdirinya organisasi islam terbesar di Indonesia yaitu NU, belum sepenuhnya menggali dan menerapkan pemikiran ulama, utamanya Kiai Haji Hasyim Asy'ari sebagai pendirinya," papar Ketua Pergunu Kabupaten Jombang, H. Syamsul Arifin.
 
Seperti diketahui, pengenalan pemikiran dan metode kependidikan Kiai Hasyim Asy'ari dalam kitab Adabul Alim wal Muta'allim itu meliputi, akhlak pelajar terhadap diri sendiri, akhlak murid kepada guru dan akhlak pelajar ketika belajar.
 
Pergunu, kata dia, sudah membentuk tim kajian pemikiran Kiai Hasyim Asy'ari yang melibatkan para kiai muda dari Aswaja NU Center PCNU Jombang, di samping tim atau trainer dari Pergunu Jombang sendiri.

"Tim kajian pemikiran pendidikan kami sudah lama berproses dan sering mengadakan pertemuan untuk kajian dan pematangan konsep kependidikan Kiai Hasyim Asy'ari. Pergunu siap melatih dan membimbing siswa baru dalam mengenal metode kependidikan Kiai Hasyim Asy'ari. Kami juga siap mengadakan TOT (training of trainer) bagi guru sehingga guru siap mengajar para siswa," ujar doktor alumni IAIN Sunan Ampel Surabaya ini. 

Trainer yang siap melakukan pelatihan antara lain, Yusuf Suharto (dewan Pakar Pergunu Jombang dan Dewan Pakar Aswaja NU Center PCNU Jombang), Ketua Pergunu (Syamsul Arifin), Kiai Zainuri (Ketua Aswaja NU Center PCNU Jombang), Gus Sholahuddin (Pengasuh Pesantren), Ustaz Abdul Malik (pengurus Pergunu), Gus Shobih (sekretaris Pergunu Jombang), Ustaz Adib Faishol (trainer), Mamik Rosita (trainer), Gus Fakhruddin (Pengasuh Pesantren), dan Ustaz Sholahuddin (trainer). 

Sementara itu, Bupati Jombang mendukung usulan Pergunu. Bupati bahkan menginginkan pengenalan nilai kependidikan para Muassis NU tidak hanya dilakukan di masa orientasi baru melainkan juga menyatu dalam proses pembelajaran siswa selama menempuh pendidikan. 

"Sebenarnya akan lebih jika tidak hanya masuk pada masa pengenalan siswa baru saja, tapi juga masuk dalam seluruh pembelajaran," ujar Nyai Hajjah Munjidah Wahab.

Tak hanya itu, Mundjidah Wahab juga merespon positif usulan dan saran dari Pergunu  untuk menyelenggarakan TOT MENDIDIK ALA MUASSIS NU. Ia juga meminta dinas terkait untuk segera membuat pertemuan bersama Pergunu, Dinas pendidikan serta Kemenag. 

"Pembinaan karakter dan akhlak siswa- siswi harusnya bukan hanya terdapat dalam kegiatan MPLS saja, namun harus dilakukan secara terus menerus guna mewujudkan visi jombang berkarakter dan berdaya saing khususnya dalam pendidikan," harapnya. 

Politisi PPP ini juga setuju untuk melakukan penguatan kegiatan muatan lokal (mulok) di sekolah negeri dan umum dengan rencana kegiatan Musabaqah yang bersifat virtual sebagai evaluasi penyelenggaraan mulok di sekolah-sekolah . Untuk mengukur ketercapaian dan kesuksesan program.

Hadir dalam kegiatan audiensi dengan Bupati Jombang tersebut, 11 rombongan Pergunu Jombang, didampingi Agus Purnomo, Kepala Dinas Pendidikan Jombang, Anwar asisten 1 Bupati dan Wignyo Staf Ahli.

Pewarta : Rohmadi
Editor: Fitriana


Editor:

Daerah Terbaru