• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Kamis, 25 April 2024

Daerah

Nanti Malam Gerhana Bulan Total, LFNU Jombang Imbau Muslim Laksanakan Shalat

Nanti Malam Gerhana Bulan Total, LFNU Jombang Imbau Muslim Laksanakan Shalat
Ilustrasi gerhana bulan. (Foto: Freepik)
Ilustrasi gerhana bulan. (Foto: Freepik)

NU Jombang Online, 
Gerhana bulan total akan terjadi pada Rabu (26/5), malam ini. Peristiwa agung itu menunjukkan bahwa kekuasaan Allah SWT kian nyata, dan bisa disaksikan umat manusia secara langsung.

Pengurus Cabang (PC) Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Kabupaten Jombang telah menerbitkan surat edaran resmi terkait adanya gerhana bulan.

Dalam surat dengan nomor 071/L.12/LFNU/V/2021 itu disebutkan bahwa, gerhana bulan bermula dari pukul 16:45 WIB dan berakhir pada pukul 19:52 WIB. Namun demikian, penumbra atau bayangan yang mulai terlihat kabur dari pukul 15:47 WIB sampai pukul 20:49 WIB.

Atas terjadinya peristiwa tersebut, LFNU mengimbau agar umat Islam, terutama di Jombang tidak meninggalkan shalat sunnah gerhana. Pasalnya, di samping shalat sunnah ini hanya bisa dilakukan di saat momentum tertentu, juga shalat ini sangat dianjurkan oleh agama.

"Dengan terjadinya gerhana bulan tersebut maka diimbau kepada segenap umat Islam untuk melakukan shalat gerhana bulan," demikian imbauan surat LFNU yang sudah beredar luas di beragam media sosial. 

Dalam ajaran agama Islam, para penganutnya juga dianjurkan untuk melaksanakan mandi sunnah saat gerhana. "Adapun pelaksanaan mandi dan shalat gerhana bulan bisa dilakukan pada pukul 17:23 WIB sampai akhirnya gerhana yaitu pukul 19:52 WIB," terangnya seperti halnya di bagian akhir surat.

Hal lain yang juga bisa dilakukan seperti memperbanyak takbir, istighfar dan Sedekah.

Editor: Ahmad


Editor:

Daerah Terbaru