• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 29 Maret 2024

Daerah

Mushala di Jogoroto Percayakan ke LFNU Jombang dalam Pengukuran Arah Kiblat

Mushala di Jogoroto Percayakan ke LFNU Jombang dalam Pengukuran Arah Kiblat
Proses penyerahan sertifikat pengukuran arah kiblat. (Foto: Istimewa)
Proses penyerahan sertifikat pengukuran arah kiblat. (Foto: Istimewa)

NU Jombang Online,
Pengurus Cabang (PC) Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Kabupaten Jombang mengukur arah kiblat Mushala Al-Ihsan di Dusun Beji, Desa Sawiji, Kecamatan Jogoroto, Jombang.

Pengukuran tersebut untuk memastikan ketepatan arah kiblat saat Muslim setempat melaksanakan shalat di mushala tersebut. Dalam Islam, menghadap kiblat menjadi salah satu dari penentu sahnya shalat.

Ketua PC LFNU Jombang, M. Mujazun menyampaikan, kegiatan itu merupakan bentuk pelayanan PC LFNU kepada masyarakat. LFNU sendiri seringkali mendapatkan kepercayaan masyarakat dalam hal pengukuran kiblat untuk tempat-tempat ibadah umat Islam.

"Kami sangat berharap kepada semua Nahdliyin agar setiap hendak membangun atau merenovasi masjid atau mushala bisa diukur terlebih dahulu arah kiblatnya. Baik dilakukan sendiri atau bisa menghubungi anggota PC LFNU Jombang," katanya, Selasa (27/7). 

Umumnya, lanjut dia, program itu diutamakan bagi tempat ibadah yang baru dibangun atau akan direnovasi. Dirinya menegaskan, pengurus LFNU melakukan pengukuran kiblat berdasar keilmuan yang cukup memadai disertai dengan alat-alat pengukuran yang mendukung.

"Kegiatan itu dilakukan sebelum membangun atau akan merenovasi tempat ibadah baik berupa mushala atau masjid. Yakni dengan metode bayangan matahari setiap saat dengan media istiwaaini atau media yang lain, " jelasnya.

Ia menuturkan, setiap melakukan pengukuran, pengelola tempat ibadah akan menerima sertifikat pengukuran arah kiblat lengkap dengan hasil perhitungannya. Sertifikat tersebut diterbitkan oleh PC LFNU.

Bagi masyarakat yang memerlukan bantuan layanan pengukuran kiblat, bisa menyampaikan permohonan pada PC LFNU Jombang.

"Cara mengajukan permohonan ini, cukup membuat surat permohonan dan dikirim kepada kami PC LFNU Jombang atau hubungi nomor HP pengurus," pungkasnya.

Kontributor: Syaiful Chabib
Editor: Ahmad 


Editor:

Daerah Terbaru