• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Kamis, 28 Maret 2024

Daerah

Meski Hujan, Nahdliyin Peterongan Jombang Antusias Ikuti Pembuatan Kartanu

Meski Hujan, Nahdliyin Peterongan Jombang Antusias Ikuti Pembuatan Kartanu
Peserta pembuatan Kartanu dari unsur IPNU-IPPNU foto bersama. (Foto: NU Jombang Online/Syaiful Chabib)
Peserta pembuatan Kartanu dari unsur IPNU-IPPNU foto bersama. (Foto: NU Jombang Online/Syaiful Chabib)

NU Jombang Online,
Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Peterongan, Kabupaten Jombang sudah mulai melaksanakan pembuatan Kartu Tanda Anggota Nahdlatul Ulama (Kartanu) yang diluncurkan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) beberapa waktu lalu.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan membentuk tim untuk 'menjemput bola' di ranting-ranting. Pola ini cukup efektif. Hingga sekarang pembuatan Kartanu di Peterongan sudah putaran kedua dilaksanakan di Balai Desa Kebontemu, Peterongan, Kamis (11/3).

Kartanu ini tidak hanya berbentuk fisik seperti KTP, tapi ada digital aplikasi Kartanu yang tersimpan dalam smartphone. Dengan aplikasi Kartanu warga NU  bisa melakukan berbagai transaksi digital, salah satunya seperti top up. Aplikasi itu juga dilengkapi jadwal shalat dan bacaan Qur'an online.

Salah seorang tim pembuatan Kartanu MWCNU Peterongan, Mohammad Wakhid berterima kasih pada warga NU Ranting Kebontemu yang antusias sekali mendaftakan diri dalam pembuatan Kartanu.

"Alhamdulillah warga Desa Kebontemu terutama Nahdliyin sangat antusias, walaupun hujan namun tidak mengurangi semangat ikut daftar Kartanu. Dengan adanya pendaftaran Kartanu ini warga juga paham terkait program-program yang ada di NU," ujarnya.

Selain itu, Kepala Desa (Kades) Kebontemu, Sirojul Munir bersyukur program Kartanu terealisasi dengan baik dan diikuti oleh warganya dengan jumlah yang tidak sedikit. Menurutnya Kartanu itu penting sebagai salah satu identitas warga NU.

"Dengan adanya Kartanu bahwa dia benar-benar menjadi Nahdatul Ulama atau warga NU," imbuhnya.

Kontributor: Syaiful Chabib
Editor: Ahmad


Editor:

Daerah Terbaru