• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Kamis, 25 April 2024

Daerah

Menghidupkan Taman Baca Berbasis Masjid dan Mushala

Menghidupkan Taman Baca Berbasis Masjid dan Mushala
Serah terima program taman baca masyarakat (TBM) di Masjid Al Mubarokah, Dusun Dadirejo, Desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng, Jombang. (Foto: Istimewa)
Serah terima program taman baca masyarakat (TBM) di Masjid Al Mubarokah, Dusun Dadirejo, Desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng, Jombang. (Foto: Istimewa)

NU Jombang Online, 
Generasi muda di Kabupaten Jombang, Jawa Timur saat ini kian memiliki akses membaca yang mudah. Tidak harus pergi ke perpustakaan untuk sekadar bisa membaca banyak buku, tetapi di masjid dan mushala pun sekarang juga sudah tersedia. Dimulai dari Masjid Al Mubarokah, Dusun Dadirejo, Desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng, Jombang Taman Baca Masyarakat (TBM) didirikan. Dan akan merambah ke masjid dan mushala lainnya.

Taman Baca Masyarakat yang berbasis masjid dan mushala ini merupakan program Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jombang kerja sama dengan Remaja Masjid Agung Baitul Mukminin dan Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) Jombang.

Ketua BAZNAS Jombang, H Didin Ahmad Sholahudin mengungkapkan, membaca adalah kebutuhan pokok manusia, terutama generasi muda untuk bisa membangun peradaban bangsa yang sarat dengan kualitas sumber daya manusia (SDM).

"BAZNAS merasa sangat perlu membangun kembali peradaban berawal dari masjid dan mushala di Jombang. Jadi kita BAZNAS menginisiasi program TBM ini bagaimana kita membangun kualitas sumberdaya manusia, salah satunya melalui masjid dan mushala yang berada di Jombang," ujarnya saat serah terima program TBM di Masjid Al Mubarokah, Rabu (23/9).

Pria yang juga Wakil Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jombang ini menambahkan, pihaknya sudah menyediakan sistem atau pola pengelolaan TBM. Di samping sudah menyiapkan buku dengan sejumlah buku, dirinya juga menyusun sistem pelatihan pengelolaan TBM yang nantinya dilakukan secara berkala bersinergi dengan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Jombang.

Ia berharap, remaja masjid-mushala dan pemuda yang tergabung dalam IPNU-IPPNU ke depan bisa terus bersinergi untuk menghidupkan kembali geliat aktivitas membaca di lingkungan masjid dan mushala. 

Sementara itu, Ketua PC IPNU Jombang, Subhan Masduki mengatakan, IPNU-IPPNU sangat mendukung adanya TBM yang dipusatkan di masjid dan mushala dikelola dengan baik. Hal ini menurutnya selain untuk memakmurkan masjid-mushala dengan aktivitas bermanfaat, juga sebagai ikhtiar mencerdaskan generasi muda di Jombang.

Diakuinya, IPNU-IPPNU sendiri sudah menyiapkan gerakan penunjang dalam pengelolaan TBM agar bisa berdampak demikian baik. Yakni, IPNU-IPPNU Educare, sebuah gerakan yang fokus dalam pembinaan belajar siswa dan mahasiswa di tengah pandemi.

"Gerakan itu sudah dulaunching IPNU-IPPNU sebelumnya untuk membantu kesulitan pelajar, mahasiswa dan santri dalam belajar online. Nah, saya kira ada keterkaitan yang erat dengan TBM ini. Dan sama-sama saling mendukung," jelasnya.

Hadir pada kesempatan ini Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab, Kepala Desa Ngrimbi, Camat Bareng, Remas Masjid Agung Baitul Mukminin, jajaran PC IPNU-IPPNU Jombang, perwakilan dari tiap masjid dan mushala, dan peserta didik Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) Dadirejo Bareng.

Kontributor: Annisa Rahmah
Editor: Syamsul Arifin


Editor:

Daerah Terbaru