• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Selasa, 23 April 2024

Daerah

Melihat Keunikan BMTNU Jombang hingga Bisa Juara NU Jatim Award

Melihat Keunikan BMTNU Jombang hingga Bisa Juara NU Jatim Award

NU Jombang Online,
PWNU Jatim Award 2019 menganugerahkan kepada Baitul Mal wat Tamwil Nahdlatul Ulama (BMTNU) Jombang, Jawa Timur sebagai juara pertama dalam kategori BMTNU. Penganugerahan secara seremonial dilakukan di Aula Kantor Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, Selasa siang (2/7). 

Ketua BMTNU Jombang, Khairul Anam mengatakan, prestasi yang diraih BMTNU tak lepas dari keunikan dan kelebihan yang dimiliki BMTNU di Kota Santri ini. Ada beberapa keunikan yang tidak dimiliki oleh lemabaga keuangan yang lainnya.

Ia menjelaskan, di antara keunikannya adalah pendirian BMTNU Jombang yang memang merupakan amanah konferensi Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jombang sebelumnya. Menurut dia, sangat sedikit lembaga keuangan yang berdiri atas dasar amanah PCNU. Yang banyak BMTNU berdiri di luar mandat PCNU secara langsung.

"Di antara keunikannya kepemilikan dan pendirian BMTNU Jombang bukan dari pribadi atau golongan, akan tetapi merupakan amanah dari Konferensi Cabang Nahdlatul Ulama tahun 2012-2017," jelasnya. Tahun 2013 kita bisa mendirikan BMTNU Jombang ini, sambungnya.

Meski merupakan amanah konferensi, BMTNU berdiri bukan berarti milik PCNU setempat. Namun secara peran dan pengawasannya tidak lepas dari Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) Jombang. BMTNU berdiri di bawah garis koordinasi LPNU. Dengan demikian perjalanan BMTNU masih ada ikatan erat dengan PCNU melalui LPNU. 

"BMTNU Jombang milik nahdliyin, bukan milik PCNU, akan tetapi dalam perjalanannya masuk dalam pengawasan Lemabaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU)," urai pria yang biasa disapa Pak Anam ini.

Keunikan yang lainnya adalah terkait rekrutmen pegawai BMTNU. Mereka para pegawai harus melalui tahap-tahap yang sudah digariskan BMTNU, yakni adanya keterkaitan kerja sama antara BMTNU dengan sejumlah MWCNU. Setiap pegawai harus dari kader NU yang sudah mendapatkan rekomendasi dari MWCNU di mana mereka tinggal.

"Rekrutmen dari kader NU yang harus melewati beberapa etape. Harus membawa rekomendasi dari MWCNU di mana kader NU itu berada. Jika diterima maka akan kontrak satu tahun jika diperpanjang, baru setelah itu menjadi karyawan tetap," kata dia.

Berikutnya dari keunikan yang dimiliki adalah pola pelayanan BMTNU kepada warga atau nasabah. "Kami melayani nahdliyin terutama UMKM, kami utamakan untuk nahdliyin, akan tetapi kita juga tidak menutup kepada non nahdliyin. Karena BMTNU Jombang memiliki tugas mendakwahkan syariah muamalah," ucapnya.

Diakuinya, prestasi yang didapat pada ajang bergengsi itu menjadi motivasi tersendiri bagi BMTNU untuk lebih bisa memberikan manfaat kepada masyarakat. "Kemenangan ini merupakan motivasi untuk BMTNU Jombang. Tentu harus lebih giat dan inovatif," tukasnya.

Sementara itu Sekretaris BMTNU Jombang, M Muchlis Irawan menambahkan, kemenangan BMTNU Jombang juga atas kerja sama semua kader NU baik yang terlibat langsung di dalam BMTNU maupun tidak.

Dengan prestasi tersebut, ke depan, kata dia, BMTNU harus bisa lebih dimanfaatkan oleh masyarakat, terutama lembaga yang ada di naungan PCNU Jombang, sehingga terjalin sinergitas apa yang bisa disambungkan untuk lebih memperkuat peran NU dengan warga nahdliyin. 

"Semisal kerja sama yang dilakukan BMTNU dengan LAZISNU, atau kerja sama BMTNU dengan LPNU dan LPPNU dalam bentuk memproduksi pupuk marolis. Saya berharap contoh contoh ini bisa dicontoh lembaga-lembaga yang lain tentu dengan format yang berbeda," pungkasnya. (Syamsul Arifin) 


Editor:

Daerah Terbaru