• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Sabtu, 20 April 2024

Daerah

Melestarikan dan Merawat Budaya, IPNU IPPNU Gelar Lakmud Budaya

Melestarikan dan Merawat Budaya, IPNU IPPNU Gelar Lakmud Budaya
Foto bersama Pemateri dan Peserta LAKMUD IV PAC IPNU IPPNU Ngoro
Foto bersama Pemateri dan Peserta LAKMUD IV PAC IPNU IPPNU Ngoro

NU Jombang Online,
Tak ingin generasi muda menentukan kiblat musiknya hanya pada K-Pop, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Ngoro menggelar Latihan Kader Muda (LAKMUD) IV. Kegiatan tersebut dipusatkan di Aula Kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Ngoro. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi tentang budaya khas Nusantara seperti halnya tari Remo sebagai tari khas dari Jombang.

Naqib Abdullah Ketua PAC IPNU Ngoro menjelaskan, acara yang digelar selama 3 hari (6-8 Agustus) tersebut diharapkan, mampu mencetak kader yang selalu mengingat perjuangan para wali dan kyai pada zaman terdahulu ketika menyebarkan agama islam melalui akulturasi budaya. 

"Kita tidak hanya mendapat modernisasi saja, tetapi sudah seharusnya kita merawat budaya asli dari Indonesia," kata pria yang akrab disapa Gus Naqib itu.

IPNU IPPNU menurut sebagian orang hanya dikenal dengan nilai-nilai agamanya saja, maka dari itu pihaknya membuat konsep yang belum ada sebelumnya yakni mengangkat nilai-nilai budaya dengan mengisi pembukaan kegiatan dengan tarian Remo khas Jombang.

"Kami mewajibkan para peserta dan pemateri untuk memakai baju batik, aksesoris seperti blangkon, jarik dan bakiak agar lebih mengesankan nilai-nilai budaya," terang pria yang juga Presidium Nasional BEM se Indonesia itu.

Menurutnya, Kader IPNU-IPPNU saat ini merupakan generasi penerus bangsa. Sehingga perlu dilatih bersama para pemuda ini untuk siap menghadapi dinamisnya zaman. 

"Bukan hanya dari sisi keilmuannya saja yang perlu kita siapkan melainkan juga spiritual yang sangat penting untuk kita tingkatkan bersama. Maka dari itu, kami harap kegiatan LAKMUD ini dapat menunjang hal tersebut," jelasnya.

Senada dengan Ketua PAC IPNU Ngoro, Ketua Panitia yakni Faizin menyampaikan LAKMUD yeng bertemakan "Habituasi Para Kader NU dalam Akulturasi Budaya yang Berlandaskan Aswaja" diharapkan dapat mengenalkan budaya kepada para kader.

"Kami berharap LAKMUD IV PAC IPNU IPPNU NGORO ini, mampu membawa misi dakwah yang baik dalam roda perjuangan organisasi IPNU IPPNU. Karena itu, materi yang kami siapkan untuk para peserta adalah meliputi ke-Aswaja an, Ke-Nu an,ke-IPNU IPPNU an, kebangsaan, manajemen organisasi dan kepemimpinan, komunikasi dan kerjasama, manajemen konflik, teknik diskusi dan persidangan, networking dan teknik lobbying, scientific problem solving, psikologi kader, Gender, kebudayaan dan sejarah besutan," paparnya.

Perlu diketahui LAKMUD IV PAC IPNU IPPNU Ngoro ini dihadiri pengurus Pimpinan Cabang (PC) IPNU IPPNU Kabupaten Jombang, Pembina PAC IPNU IPPNU Ngoro, Badan Otonom (Banom) NU Kecamatan Ngoro, dengan 34 peserta.

Kontributor: Annisa Rahma Nur Listia
Editor : Fitriana


Editor:

Daerah Terbaru