• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Sabtu, 20 April 2024

Daerah

Mbah Moen dalam Kacamata Bupati Jombang dan Momen Terakhir Bersamanya

Mbah Moen dalam Kacamata Bupati Jombang dan Momen Terakhir Bersamanya

NU Jombang Online, 
Dalam rangka mengenang tujuh hari wafatnya KH. Maimoen Zubair, Pemerintah Kabupaten Jombang menggelar Doa dan Tahlil bersama, Salasa malam (13/8). Kegiatan diikuti sejumlah pejabat pemerintah dan masyarakat umum. Tahlil dipimpin oleh KH. Masduki Abdurahman asal Kecamatan Perak, Jombang.

Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab saat memberikan sambutannya menuturkan, Almaghfurlah KH. Maimoen Zubair tak ubahnya seperti keluarga sendiri. Interaksi antara Mbah Moen dan dirinya cukup lama terjalin dengan baik. Mbah Moen juga dikenal dekat dengan banyak orang dan tidak membedakan latar belakang agamanya. 

"Mbah Maimoen Zubair tidak memandang siapa saja, beliau ini orang alim yang benar-benar alim sehingga dekat dengan semua orang, jelasnya.

Perempuan yang juga Pengasuh salah satu Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang ini lebih jauh mengatakan, Pengasuh Pondok Pesantren Al-Anwar, Sarang, Jawa Tengah tersebut adalah sosok kiai kharismatik yang nasehat-nasehatnya selalu ditunggu khalayak luas. Salah satunya saat gejolak momentum Pilpres sebelumnya. Ia adalah sosok yang turut mendinginkan suasana yang sangat mengkhawatirkan kala itu.

"Beliau juga ahli dalam menentukan arah kebijakan politik, di mana Pilpres menjadi tenteram karena nasihat beliau, sehingga kami sangat kehilangan Mbah Yai Maimoen," tutur putri Almaghfurlah KH Wahab Chasbullah ini.

Dirinya menyebut, bahwa dengan Mbah Moen memiliki kenangan terakhir saat sowan kepadanya saat momen ngunduh mantu anak Mbah Moen pada 22 Juni 2019 lalu. Mbah Moen, kata bupati, mengajak foto bersama sebelum dirinya pulang, padahal jarang sekali Mbah Moen mengajak foto. "Monggo Bu Mundjidah foto sareng kulo riyen," ucapnya menirukan Mbah Moen.

Hadir pada kegiatan ini salah satu putra Mbah Moen KH. Idror Maimoen. Tampak pula beberapa Pengasuh Pondok Pesamntren di Jombang, KH. Masduki Abdurrohman, KH. Imam Haromain, KH Isrofil Amar, KH Kholil Dahlan, juga Syuriah PCNU Mojokerto, KH Husein Ilyas.

Pantauan di lokasi, ratusan masyarakat yang hadir tampak antusias mengikuti rangkaian kegiatan ini hingga rampung. (Rifqi Nurul Hidayat/Syamsul Arifin) 


Editor:

Daerah Terbaru