• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 29 Maret 2024

Daerah

MAPABA Unwaha : Teladani Sikap KH Wahab Chasbullah

MAPABA Unwaha : Teladani Sikap KH Wahab Chasbullah
Kegiatan MAPABA ini, diikuti oleh 27 peserta dari mahasiswa baru Unwaha, Tambakberas Jombang, yang diselenggarakan selama 3 hari mulai tanggal 4-6 November 2020 di Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Denanyar, Jombang.
Kegiatan MAPABA ini, diikuti oleh 27 peserta dari mahasiswa baru Unwaha, Tambakberas Jombang, yang diselenggarakan selama 3 hari mulai tanggal 4-6 November 2020 di Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Denanyar, Jombang.

NU Jombang Online,
 Pengurus rayon PMII Ekonomi UniversitaS Wahab Hasbullah (Unwaha) Jombang mengadakan Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA). Dalam kegiatan ini, diharapkan anggota Baru harus bisa meneladani sifat dari KH. Abdul Wahab Chasbullah sebagai penggerak organisasi.

Kegiatan MAPABA ini, diikuti oleh 27 peserta dari mahasiswa baru Unwaha, Tambakberas Jombang, yang diselenggarakan selama 3 hari mulai tanggal 4-6 November 2020 di Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Denanyar, Jombang.

Muhammad Ainul Yaqin,ketua pengurus rayon PMII Ekonomi Unwaha Jombang mengatakan, sebagai mahasiswa yang mencari ilmu di Unwaha tentu pihaknya berharap para kader PMII harus bisa meneladani sifat dari KH. Abdul Wahab Chasbullah.

"Kami berharap calon anggota baru nanti bisa bermental baja dan menjadi penggerak bagi organisasi serta menciptakan rayon ekonomi yang mandiri seperti halnya KH. Abdul Wahab Chasbillah," ungkap Yaqin Mahasiswa Semester 5 Unwaha Jombang.

Sementara itu, M. Irkham, Ketua Umum PC PMII Jombang mengatakan, Mahasiswa PMII yang berada kampus Unwaha seharusnya bangga karena nama komisariatnya diambil dari tokoh penggerak dan pendiri NU. 

"Pemikiran-pemikiran beliau sangat luar biasa sebagai penggerak dan pendiri NU. Saya berharap, pemikiran-pemikiran tersebut tumbuh lagi di kalangan muda PMII Unwaha," kata Irkham.

Menurut Irkham, perlu bagi sahabat PMII secara keseluruhan untuk mengaji dan meneladani sosok Mbah Wahab. Hal itu dilakukan untuk menumbuhkan mental berorganisasi di masa modern yang mulai pudar di kalangan kader muda saat ini.

"Ada 4 pemikiran mbah wahab yang dapat diterapkan kader PMII di masyarakat saat ini yaitu pendidikan, sosial, budaya dan ekonomi. Semoga dengan semangat meneladani sifat beliau, muncul KH. Abdul Wahab Chabullah muda baru di PMII Unwaha," paparnya.

Seperti diketahui, KH. Wahab Chasbullah merupakan  perintis, pendiri sekaligus penggerak organisasi masyarakat NU.  KH Wahab juga dikenal sebagai tokoh pendidikan melalui lembaga pesantren Tambak Beras Jombang, tokoh pemuda Syubbanul Wathan (Pemuda Tanah Air) tahun 1924 dan Ansor Nahdlatoel Oelama (ANO) tahun 1934 dan masih banyak lagi pemikiran-pemikiran lain beliau yang menginspirasi.

Ia juga dikenal sebagai ulama sekaligus pejuang kemerdekaan dengan pemikiran yang progresif dan lintas batas. Ia dianugerahi gelar pahlawan nasional oleh Presiden Joko Widodo pada 7 November 2014. Selain itu mbah Wahab juga mempunyai pemikiran yang masih relevan dipakai sampai saat ini.

Kontributor: Rohmadi
Editor: Fitriana


Editor:

Daerah Terbaru