• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Kamis, 25 April 2024

Daerah

Manfaatkan Kemajuan Teknologi dengan Peningkatan Skill Guru

Manfaatkan Kemajuan Teknologi dengan Peningkatan Skill Guru
Foto bersama guru-guru di Yayasan Pendidikan Ma’arif NU Sabilul Muttaqin dengan para pelatih. (Foto: NU Jombang Online/Suci Aristanti)
Foto bersama guru-guru di Yayasan Pendidikan Ma’arif NU Sabilul Muttaqin dengan para pelatih. (Foto: NU Jombang Online/Suci Aristanti)

NU Jombang Online, 
Yayasan Pendidikan Ma’arif NU Sabilul Muttaqin Banjaranyar, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang mengadakan pelatihan pembuatan video pembelajaran untuk meningkatkan skill pendidik dalam kegiatan belajar mengajar, pada Jumat (20/11) pagi. Acara yang mendatangkan Al Madinah Trainer untuk melatih pendidik berlangsung di aula SMP Sabilul Muttaqin. 

Al Madinah Trainer sendiri adalah guru-guru SMP Islam Al Madinah Tambakrejo yang mengabdikan dirinya untuk siap berbagi kebaikan kepada orang lain. Visi yang dipegang saat memberikan pelatihan yaitu berkarya untuk kebaikan dunia. Hal tersebut mengandung makna semakin banyak karya yang memberikan manfaat kepada banyak orang, semakin banyak pula jariyah dalam dunia pendidikan.

Peserta pelatihan pembuatan video pembelajaran terdiri dari pendidik Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Sabilul Muttaqin dan dibagi menjadi tiga kelompok. Tiap kelompok didampingi tiga guru dari Al Madinah Trainer. Alat yang digunakan cukup sederhana, mereka hanya membawa gawai dalam pembuatan video.

“Seluruh Bapak dan Ibu guru di Yayasan Pendidikan Ma’arif NU Sabilul Muttaqin diharapkan pada kesempatan ini dapat manfaatkan waktu yang telah disetting oleh Al Madinah Trainer. Jika ada kesulitan silahkan diutarakan. Ini kesempatan untuk belajar dan meningkatkan ketrampilan mengajar," ungkap As’ad Ghozali, ketua Yayasan Pendidikan Ma’arif NU Sabilul Muttaqin.

Kegiatan pelatihan berlangsung selama dua jam. Dan akan dilanjutkan dengan pendampingan peserta melalui grup WhatsApp selama dua bulan. Al Madinah Trainer fokus memberi pelatihan dengan media handphone. Sehingga tiap peserta dapat menginstall aplikasi dan memanfaatkannya pada handphone masing-masing.

“Pertemuan hari ini tidak sekadar hanya pelatihan, namun menyatukan komitmen untuk memberikan fasilitas belajar kepada anak-anak berupa video pembelajaran. Media sosial yang paling banyak dipakai adalah youtube. Video mampu sebagai asisten dalam menyampaikan materi pembelajaran. Sekali kita membuat video, bisa dipakai seterusnya untuk tahun berikutnya," ungkap Abdul Mukhid, Direktur Al Madinah Trainer.

Abdul Mukhid berharap seluruh hasil video pembelajaran yang telah dibuat peserta pelatihan dapat diupload di akun youtube Yayasan Pendidikan Ma’arif NU Sabilul Muttaqin agar dapat dimanfaatkan.

Antusias peserta pelatihan tampak dari hasil edit video yang bervariasi. Dengan durasi pelatihan yang begitu singkat, beberapa peserta pelatihan sudah bisa memproduksi video pembelajaran.

“Kegiatan pelatihan pembuatan video menjadi cambuk semangat untuk lebih kreatif. Kegiatan semacam ini tentunya menambah ilmu dan mendapat pengalaman baru," ungkap Sri Kustiani, guru TK Sabilul Muttaqin.

Hal senada diungkapkan Sri Rahayu, guru SD Sabilul Muttaqin. Ia juga berharap kegiatan pelatihan pembuatan video pembelajaran dapat terus berlanjut, sehingga menambah semangat mengamalkan ilmu pengetahuan.

Kontributor: Suci Aristanti
Editor: Syamsul Arifin


Editor:

Daerah Terbaru