• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 26 April 2024

Daerah

Ma'arif NU Jombang Bertekad Optimalkan Pelaksanaan Program di Tengah Pandemi

Ma'arif NU Jombang Bertekad Optimalkan Pelaksanaan Program di Tengah Pandemi
Rapat Pleno PC LP Ma'arif Jombang di Pondok Pesantren Babussalam, Kalibening, Mojoagung. (Foto: Istimewa)
Rapat Pleno PC LP Ma'arif Jombang di Pondok Pesantren Babussalam, Kalibening, Mojoagung. (Foto: Istimewa)

NU Jombang Online, 
Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Jombang mengintensifkan koordinasi di internal pengurus untuk memaksimalkan pelaksanaan program-programnya. Koordinasi yang terbaru diwujudkan dalam bentuk rapat pleno di Pondok Pesantren Babussalam, Kalibening, Mojoagung. Rapat tersebut membedah sejumlah program yang baru saja disepakati dalam Musyawarah Kerja Cabang (Muskercab) ke-4 PCNU Jombang.

Ketua PC LP Ma'arif NU Jombang, Nur Khojin mengatakan, pertemuan-pertemuan untuk membincangkan efektivitas pelaksanaan program belakangan ini memang harus terus dilakukan. Ini mengingat di samping jumlah program yang diemban oleh LP Ma'arif NU cukup banyak, juga dikarenakan situasi pandemi yang menuntut pengurus semakin kaya inovasi di dalam merealisasikan program.

"Ada 28 kegiatan LP Ma'arif NU Jombang yang disepakati pada forum Muskercab kemarin. Sudah dibedah sampai pada strategi pelaksanaannya," katanya kepada NU Jombang Online, Kamis (3/8).

Ia menambahkan, kepengurusan LP Ma'arif NU tersebar hingga ke tingkat kecamatan-kecamatan se-Kabupaten Jombang dengan jumlah 21 kecamatan. Situasi ini juga yang mendorong LP Ma'arif NU harus intens melakukan koordinasi agar tugas dan tanggung dapat dilakukan dengan sebaik mungkin. 

"Koordinasi dengan lintas sektoral di lingkungan LP Ma'arif NU harus istiqamah dan terstruktur agar bisa mempercepat langkah-langkah pelaksanaan program," ujarnya.

LP Ma'arif NU di Kota Santri ini, imbuhnya, tidak sekadar murni persoalan-persoalan pendidikan yang ditangani, tetapi ada program-program lain yang dikembangkan. Salah satunya seperti pendirian dan optimalisasi Jaringan Pengelolaan Zakat Infak dan Sedekah (JPZIS) Ma'arif yang berpusat di sejumlah sekolah dan madrasah binaannya.

"Untuk itu, rapat-rapat yang kita adakan mesti harus melibatkan lintas sektoral. Tidak terkecuali pengurus MWCNU Ma'arif dan pengurus JPZIS Ma’arif. Ini untuk memastikan program-program yang sudah dirumuskan tidak terhambat oleh apapun," ungkapnya.

Ia menegaskan, semua pengurus LP Ma'arif NU di tingkat kabupaten, kecamatan hingga pengurus JPZIS Ma'arif se-Kabupaten Jombang komitmen untuk melaksanakan amanah yang mereka emban. Meskipun hari ini masih situasi pandemi.

"Mohon doa masyarakat terutama di lingkungan NU, semoga 28 program yang akan dilaksanakan bisa berjalan dengan baik lancar dan membawa kemanfaatan bagi pendidikan di lingkungan NU," pungkasnya.

Sementara itu, Pembina LP Ma'arif NU Jombang, H Taufik Jalil mengungkapkan, rapat pleno kali ini dikonsep dengan cukup menarik. Di samping karena diselenggarakan di tempat yang agak terbuka, di kawasan Pesantren Babussalam, juga ada selingan acara mancing bareng. Hal ini menurutnya sebagai upaya membangun kebersamaan dan kekompakan pengurus LP Ma'arif NU. 

"Saya percaya acara yang dikonsep dengan santai ini bisa menghasilkan hasil yang luar biasa. Dan acara mancing ini menambah keakraban dan kebersamaan, sehingga diharapkan pengurus LP Ma'arif NU nanti lebih kompak, solid, dan lebih sukses melaksanakan program-programnya," ucapnya.

Ia berharap, pengurus LP Ma'arif NU Jombang tidak pernah berhenti melakukan terobosan-terobosan inovatif untuk mewujudkan kualitas pendidikan di lingkungan NU. 

"Mudah-mudahan apa yang kita lakukan ini menjadi amal bakti kepada bangsa dan negara, menjadi amal ibadah di sisi Allah Swt, dan menjadi ikhtiar kita mendapatkan berkahnya para muassis NU," harap Kepala Kemenag Jombang ini.

Hadir pada rapat pleno jajaran pengurus harian LP Ma'arif, pengurus bidang, jajaran pengurus JPZIS Ma'arif, Pengurus Sakoma Ma'arif, para ketua MWCNU Ma'arif se-Jombang, juga pembina PC LP Ma'arif NU Jombang. 

Pewarta: Ahmad 
Editor: Syamsul Arifin 


Editor:

Daerah Terbaru